Tanda-tanda Fatal yang Muncul Bila Tubuh Kekurangan Asupan Vitamin

Untuk menjamin kesehatan tubuh, maka kebutuhan vitamin harus tercukupi. Karena bila tubuh kekurangan asupan vitamin, maka akan ada sinyal yang muncul melalui berbagai gejala.

Salah satu contoh gejala yang paling umum muncul ketika tubuh kekurangan vitamin misalnya saja ketika kita mengalami bibir pecah dan sariawan. Ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C.

Akibat Buruk dari Kurangnya Asupan Vitamin

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah gejala fatal yang muncul ketika tubuh kekurangan asupan vitamin. Diantaranya:

1. Bibir pecah

Bibir pecah tidak hanya muncul karena disebabkan oleh kurangnya vitamin C dalam tubuh. Namun bila bibir pecah hingga merembet ke pinggir mulut bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa tubuh mengalami kekurangan vitamin B, seng dan besi. Untuk itu, anda disarankan untuk makan lebih banyak telur, ikan, kacang, kacang-kacangan, kubis, brokoli, paprika merah dan tomat agar masalah bibir pecah bisa segera teratasi.

2. Rambut rontok

Biasanya penyebab rambut rontok adalah sebagai tanda dari tubuh yang mengalami kekurangan vitamin seperti vitamin K, E, D, B7 dan A. Ketika seseorang kekurangan zinc, tubuh juga bisa memberikan sinyal berupa rambut rontok. Karena itu untuk mengatasi rambut rontok dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi alpukat, buah-buahan kering, pisang, jamur, biji labu, biji-bijian dan raspberry.

3. Muncul jerawat

Tidak hanya karena wajah yang kotor dan kurang perawatan. Namun penyebab munculnya jerawat di wajah juga bisa karena tubuh kekurangan asupan vitamin D dan A. Dalam kondisi jerawat yang muncul tiba-tiba ini maka sebaiknya hindari dulu konsumsi lemak trans dan lemak jenuh. Sebaiknya pilihlah makanan yang sehat, seperti biji rami, buah-buahan kering, paprika merah, ubi jalar, wortel, kenari dan almond untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah.

3. Gatal dan mati rasa

Gejala gatal dan mati bisa menandakan bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin B, B12, B9 dan B6. Karena itu untuk mengatasi gatal dan mati rasa bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan laut, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau dan asparagus setiap hari.

4. Kram

Jangan abaikan ketika tubuh anda tiba-tiba saja mengalami kram. Karena hal itu menjadi tanda bahwa tubuh anda sedang kekurangan vitamin B dan mineral seperti magnesium, kalsium dan kalium. Untuk mengatasi kram bisa dilakukan dengan makan lebih banyak kacang almond, pisang, bayam, kubis, apel, ceri dan labu.

5. Kulit ruam

Penyebab ruam pada kulit bisa terjadi karena tubuh mengalami kekurangan vitamin K, E, D, A dan B7. Karena itu untuk mengatasi kulit ruam anda dianjurkan untuk memakan buah pisang, alpukat, produk susu, biji-bijian, biji labu dan buah-buahan kering.

6. Lelah

Ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin B dalam kondisi yang berat, maka biasanya akan memunculkan gejala seperti kelelahan, insomnia, depresi, masalah pencernaan dan penurunan berat badan.

7. Perdarahan

Ada banyak dampak buruk yang muncul akibat tubuh kekurangan vitamin C. Misalnya saja adalah terjadinya perdarahan gusi, gangguan pencernaan, perdarahan hidung, hingga nyeri sendi. Untuk mencegah perdarahan dan masalah lainnya karena kurang asupan vitamin C maka bisa dilakukan dengan mengonsumsi jus lemon hangat setiap pagi.

loading...
Loading...
sebutkan tanda tanda umum gangguan kesehatan, tanda tanda umum gangguan kesehatan adalah, salah satu tanda umum gangguan kesehatan, Tanda tanda umum gangguan kesehatan pada tubuh, tanda tanda umum gangguan kesehatan pada tubuh kita, tanda umum gangguan kesehatan, tanda-tanda umum gangguan kesehatan

Tanda-tanda Fatal yang Muncul Bila Tubuh Kekurangan Asupan Vitamin | akbar | 4.5