Tanda dan Gejala Penyakit TBC atau Tuberkulosis

Ketika anda bermasalah dengan batuk terus menerus yang berlangsung cukup lama namun tidak juga kunjung sembuh, maka anda perlu waspada. Pasalnya, batuk terus menerus selama beberapa minggu merupakan salah satu tanda dari penyakit TBC.

Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah termasuk salah satu jenis penyakit yang menular. Penyakit TBC adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini bersifat menahun dan gejala klinisnya baru muncul bila penyakit sudah parah.

Penyakit TBC merupakan penyakit yang bisa diobati, disembuhkan, dan juga dicegah. Agar anda bisa mengantisipasi penyakit TBC sedini mungkin, maka ada baiknya bila anda mengenal gejala-gejala penyakit TBC.

Gejala Utama Penyakit TBC

Adapun gejala utama penyakit TBC bisa ditandai dengan pasien batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih.

Gejala Tambahan Penyakit TBC

Selain batuk terus menerus sebagai gejala yang utama, penyakit TBC juga bisa diketahui dengan munculnya gejala tambahan berupa:

  1. Demam yang bersifat hilang timbul lebih dari sebulan
  2. Menurunnya nafsu makan yang juga berakibat pada menurunnya berat badan
  3. Nafas terasa sesak atau meriang
  4. Tanpa sebab yang jelas tubuh berkeringat pada malam hari
  5. Saat batuk keluar dahak bercampur darah atau batuk darah
  6. Sakit atau terasa nyeri pada dada.

Ketika anda mengenali gejala utama TBC terjadi pada anda atau salah satu anggota keluarga, maka segeralah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Biasanya, dokter akan menyuruh anda melakukan pemeriksaan dahak secara mikroskopis langsung (BTA) serta gambaran radio logis (foto rontgen).

loading...
Loading...
poto batuk darah, fto batuk darah, antisipasi meriang, foto - batuk

Tanda dan Gejala Penyakit TBC atau Tuberkulosis | akbar | 4.5