Agar Tahan Lebih Lama, Sebaiknya Tahu Direndam Dalam Air Matang

Tahu merupakan bahan makanan yang terbuat dari bahan utamanya adalah kacang kedelai. Karena itu tahu memiliki mutu protein nabati terbaik, karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% – 98%). Tidak hanya itu saja, di dalam tahu juga terkandung berbagai macam jenis gizi, seperti lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks, vitamin E, vitamin B12, kalium, juga kalsium. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam tahu, maka tak mengherankan bila tahu bisa menjadi salah satu bahan makanan andalan untuk perbaikan gizi.

Tahu menjadi salah satu bahan makanan populer di Indonesia. Sayang, tahu ini termasuk bahan makanan yang cepat basi bila tidak disimpan dengan benar. Tapi jangan khawatir, agar tahu bisa tahan cukup lama bahkan bisa seminggu lebih, ada tips bagaimana cara menyimpannya.

Cara Menyimpan Tahu yang Benar Agar Tahu Bisa Awet dan Tahan Lebih Lama

Nah, agar tahu bisa tahan lama lebih lama, maka sudah pasti tahu harus disimpan. Cara menyimpan tahu sebenarnya cukup mudah, yaitu bisa hanya dengan merendamnya dalam air. Namun air yang digunakan untuk menyimpan tahu ini sebaiknya bukan air sembarangan, gunakanlah air yang sudah dimasak matang. Kenapa?

Tahu dibuat dari sari kacang kedelai yang mengalami proses fermentasi. Karena itu bila tidak menggunakan air, maka proses fermentasi bisa terus berlangsung dan itu akan membuat rasa tahu menjadi asam.

loading...

Saat membeli tahu, pastikan dulu bahwa bagian luar tahu tidak berlendir saat anda membelinya. Jangan membeli tahu yang memiliki aroma obat-obatan atau yang mencurigakan. Kemudian setelah sampai di rumah, tahu dicuci dulu dibawah air mengalir dan tiriskan. Selanjutnya tahu dikukus selama 10-15 menit.

Selanjutnya untuk menjaga kualitas dan rasa tahu, maka cara terbaik untuk menyimpan tahu adalah selalu menggunakan air matang dan disimpan dalam wadah yang kedap udara di dalam kulkas. Air matang lebih aman digunakan karena bakteri pada air sudah mati selama air direbus. Sementara pada air mentah, kontaminasi bakteri jauh lebih tinggi.

Meski disimpan dalam kulkas, namun jangan lupa untuk mengganti air rendaman tahu setiap hari guna menjaga tahu tetap dalam kualitas prima. Dengan cara menyimpan tahu seperti ini, maka daya tahan tahu bisa lebih lama bahkan hingga 7-10 hari.

loading...
Loading...
tahu harus di rendam

Agar Tahan Lebih Lama, Sebaiknya Tahu Direndam Dalam Air Matang | lawas | 4.5