Syarat Ibu Hamil Boleh Puasa

Setiap umat muslim pastinya menantikan akan kedatangan bulan suci Ramadhan, tak terkecuali juga adalah ibu yang sedang hamil. Sayangnya, kekhawatiran dan ketidaktahuan membuat beberapa ibu hamil tidak berpuasa. Padahal, puasa juga punya manfaat baik untuk ibu hamil.

Selama itu tidak mengganggu kesehatan baik si ibu maupun janin yang sedang dikandungnya, maka ibu hamil tetap diperbolehkan untuk berpuasa. Islam sendiri tidak memaksakan ibu yang sedang hamil untuk harus berpuasa. Hanya bila mampu saja. Karena memang terkadang ada resiko kesehatan bila ibu hamil memaksakan diri untuk berpuasa.

Syarat Ibu Hamil Boleh Tetap Puasa di Bulan Ramadhan

Untuk ibu hamil yang tetap ingin berpuasa di bulan Ramadhan ini, maka pastikan ibu hamil makan makanan yang cukup gizi dan seimbang saat bersahur. Karena asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil itu nantinya akan dibagi dua, yaitu untuk si ibu dan untuk si janin yang sedang dikandung.

Ibu hamil juga perlu memperhatikan kondisi fisiknya saat berpuasa. Apabila saat berpuasa kemudian ia sering muntah-muntah, maka puasanya jangan diteruskan. Kemudian pastikan ibu hamil bisa menjaga berat badannya agar tidak turun drastis. Jika memang saat menjalani puasa di bulan Ramadhan berat badan ibu hamil menjadi turun drastis, maka sebaiknya berhenti puasa saja dulu. Karena dikhawatirkan itu akan menganggu janin dalam kandungan.

loading...
About these ads

Loading...
Syarat Ibu Hamil Boleh Puasa | akbar | 4.5