Sumber Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Jantung bertugas untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh organ tubuh. Darah sendiri berfungsi untuk mengangkut oksigen. Ketika fungsi jantung terganggu, maka pasokan oksigen pada tubuh juga akan terganggu dan ini akan menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh lainnya.

Ada banyak cara menjaga kesehatan jantung, salah satunya adalah dengan rajin berolahraga. Menjalankan pola hidup sehat, khususnya dengan tidak merokok juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga agar fungsi jantung tetap bekerja sempurna. Karena bila fungsi jantung terganggu maka organ lain juga akan ikut bermasalah.

Menjaga kesehatan jantung tidak hanya bisa dilakukan dengan olahraga dan berhenti merokok. Dari makanan yang kita konsumsi pun dapat berhubungan dengan kondisi kesehatan jantung.

Makanan Sumber Nutrisi untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Sebagaimana yang dikutip dari laman Huffingtonpost, ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi dan dimasukkan dalam menu diet sehat harian anda. Hal ini karena makanan tersebut dapat membantu menjaga kondisi kesehatan jantung.

Berikut ini adalah daftar makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung yang layak dimasukkan dalam menu diet sehat harian anda:

1. Oatmeal

Oatmeal atau gandum adalah bahan makanan yang tinggi akan kandungan serat yang mengandung senyawa beta-glucans. Kedua zat tersebut berguna untuk menurunkan kolesterol serta menstabilkan tekanan darah. Oatmeal juga baik untuk program diet karena di dalamnya terkandung protein dan serat yang tinggi.

2. Sayur Buncis

Ada banyak kandungan nutrisi penting yang sangat baik bagi tubuh, seperti protein, serat, folat, zat besi serta berbagai macam vitamin terkandung dalam sayur buncis. Sayuran ini juga bermanfaat bagi jantung karena dapat menurunkan risiko kolesterol

3. Buah Tomat

Jenis buah sekaligus sayur ini memiliki beragam jenis vitamin serta mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Tomat juga memiliki kandungan senyawa lycopenen, potasium dan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tidak hanya itu saja, tomat juga memiliki kandungan sedikit gula dan garam. Sebab itulah maka tomat merupakan alternatif bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi selama menjalankan program diet.

4. Ikan Salmon

Dikenal kaya akan kandungan Omega 3, ikan salmon bermanfaat untuk mencegah peradangan pada tubuh dan menurunkan resikko timbulnya plak pada pembuluh darah.

5. Bunga Kol

Bunga kol atau disebut juga dengan kembang kol merupakan jenis sayuran yang memiliki bentuk mirip dengan brokoli. Sayuran ini kaya akan kandungan serat, vitamin C, vitamin K hingga folat. Kandungan potasium dalam sayur bunga kol juga tinggi. Oleh karena itu, bunga kol digolongkan sebagai makanan yang baik bagi kesehatan jantung. Bunga kol adalah makanan yang rendah kalori, karena itu merupakan ide yang bagus bila anda memutuskan untuk memasukkan sayur bunga kol dalam menu diet anda.

Itulah beberapa jenis makanan yang dikategorikan sebagai sumber makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Ingat, selain dengan makan makanan tersebut, perlu juga bagi anda untuk menjaga kesehatan jantung dengan menghindari makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol dan lainnya yang dapat mengganggu dari kinerja jantung.

loading...
About these ads

Loading...
Sumber Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung | akbar | 4.5