Solusi, Tindakan Darurat untuk Atasi Rem Mobil Blong

Mengalami rem blong adalah masalah yang cukup mengkhawatirkan, terlebih bila laju kendaraan sedang maksimal. Karena kendaraan yang mengalami rem blong akan sangat sulit untuk mengendalikan lajunya maka ini sangat rentan menyebabkan kecelakaan.

Penyebab Rem Blong

Rem blong adalah saat dimana rem tiba-tiba kehilangan kendali atau rem kehilangan daya cengkramnya atau kemampuan menghentikan mobil. Ada beberapa penyebab mobil mengalami rem blong. Misalnya karena piston dan kanvas rem sudah aus, adanya sumbatan pada selang minyak rem, sil piston master mengalami keausan atau adanya perubahan suhu. Karena kondisi minyak rem pada suhu tertentu dapat berubah sehingga memengaruhi daya tekan pengereman.

Tindakan Darurat yang Bisa Dilakukan Saat Rem Mobil Blong

Semua orang tentunya tidak ingin saat naik mobil tiba-tiba mengalami rem blong. Namun bila hal itu terjadi, ada beberapa tindakan darurat yang bisa dilakukan saat mengalami rem blong.

Meski sulit, namun tetaplah berusaha untuk tenang dan jangan panik. Kepanikan justru akan membuat anda sulit berpikir bagaimana cara mengendalikan mobil agar selamat dan terhindar dari kecelakaan.

Cobalah untuk memompa atau menginjak pedal rem beberapa kali untuk mengembalikan kemampuan rem mobil anda. Terkadang langkah ini cukup efektif untuk mengembalikan fungisi dari rem mobil.

Turunkan persneling secara bertahap. Misalnya dari posisi gigi 3 ke 2 lalu turunkan lagi ke gigi 1.

Tarik rem tangan namun jangan sampai full, karena fungsinya hanya untuk membantu engine brake. Anda bisa menarik tuas rem tangan secara perlahan sambil menekan tombol pengunci sehingga mobil perlahan dapat mengurangi kecepatannya.

Setelah kendaraan mulai melambat, pinggirkan kendaraan dan arahkan keposisi yang lebih aman.

Namun bila mobil tidak bisa diberhentikan dan yang ada justru di depan mobil kita malah ada turunan yang curam, carilah tebing yang masih tanah, perlahan benturkan saja mobil bagian sampingnya dulu, menyamping dan usahakan anda tetap mengontrol mobil agar menyeruduk tanah tebing dengan pinggir mobil anda.

Rem haruslah dirawat secara rutin dan harus diperiksa sebelum akan berpergian, karena bagian ini sangat sering terjadi masalah dan butuh penanganan yang khusus. Memeriksa rem mobil sebelum berkendaraan memang sering dilupakan bagi pemilik mobil dan sering kali dianggap sepele. Namun untuk menjaga keselamatan, usahakan untuk selalu memeriksa kondisi rem mobil saat akan digunakan untuk berkendara.

loading...
Loading...
Solusi, Tindakan Darurat untuk Atasi Rem Mobil Blong | akbar | 4.5