Sirsak dan khasiatnya bagi Kesehatan

manfaat buah sirsakKegunaan buah sirsak untuk tubuh manusia itu benar-benar banyak, buah ini mempunyai banyak kegunaan, beberapa contohnya yaitu mengatasi masalah sembelit sampai mencegah terserang penyakit kanker ganas. Jika dilihat sekilas, buah sirsak ini merupakan buah yang tersusun atas 20% kulit buah, 67,5% daging buah, 8,5% biji buah, beserta 4% karbohidrat yang merupakan inti buah sirsak.

Perlu Anda ketahui bahwa buah sirsak ini termasuk buah dengan banyak nama panggilan, ya, nama panggilan buah sirsak di beberapa daerah memang berbeda-beda, tak semua daerah menyebut nama sirsak dengan “Sirsak”. Contohnya saja di Jawa buah sirsak dikenal dengan nangka walanda dan nangka landa, sementara di daerah Sunda buah sirsak masih disebut dengan sirsak, tetapi di pulau Madura berbeda, sirsak disebut dengan nama nangka buris. Nah, Anda sudah mengetahui sekarang bahwa sirsak ini memiliki banyak nama, jadi jika contohnya Anda sedang ke Madura dan menanyakan sirsak, belum tentu semua orang mengerti artinya.

Sementara itu, masih terkait nama sirsak, di Bali sirsak disebut dengan srikaya Jawa, dan di Aceh, sirsak disebut boh lona, durio ulondro (Nias), durian Betawi (Minangkabau), jambu landa (Lampung). Jadi, jika lain waktu Anda mendengar nama-nama tersebut di daerah lain, janganlah bingung, karena kesemua nama tersebut mengacu ke satu buah yaitu buah sirsak. Mari baca selengkapnya.

Manfaat sirsak

Sirsak memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh, bahkan buah ini juga sudah dipercaya sejak lama oleh orang-orang untuk pengobatan beragam penyakit juga mencegah terserang beberapa jenis penyakit yang berbahaya bagi jiwa, di mana penyakit-penyakit tersebut bisa saja menyerang tubuh Anda kapanpun saat kondisi sedang drop atau tidak fit. Oke, sekarang mari kita langsung membahas manfaat dari buah sirsak ini:

loading...

Mengatasi masalah sembelit
Yang pertama karena kandungan serat pada buah sirsak yang cukup tinggi, sirsak dapat membantu memperlancar dan menunjang pencernaan sehingga Anda terhindar dari problem sembelit.

Menyembuhkan penyakit ambeien
Yang kedua adalah buah berwarna hijau ini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ambeien, caranya mudah, cukup minum air buah dari sirsak ini, namun dimasak terlebih dahulu kemudian tampunglah airnya ke 1 gelas lalu diminum dengan dosis 1x per harinya hingga ambeien sembuh.

Mengobati dan mencegah kanker
Sama dengan manfaat dari buah manggis, buah sirsak ini juga merupakan jenis buah yang mujarab untuk anti kanker. Buah sirsak dipercaya mempunyai kandungan antioksidan, dan antioksidan inilah yang bisa membantu mencegah seseorang terjangkit penyakit kanker, sementara itu daun sirsak dipercaya bisa mengobati penyakit kanker yang menggerogoti tubuh. Jadi, selain buahnya, ternyata daun sirsak pun bermanfaat ya.

Memperlambat proses penuaan dan meningkatkan antibodi
Manfaat keempat dari sirsak yaitu memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan antibodi. Sirsak memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi, jadi bisa membantu menjaga antibodi tubuh manusia, serta memperlambat proses penuaan, terutama pada wajah, supaya tetap terlihat cantik.

Penelitian sudah pernah dilakukan ke buah sirsak, dan penelitian tersebut hasilnya memang mendukung bahwa buah ini memiliki potensi dalam menyembuhkan beragam penyakit karena kandungan di buah sirsak tersebut. Di jurnal berjudul “Journal of Ethnopharmacology” disebutkan jika ekstrak dari buah sirsak juga mampu menghambat perkembangan virus Herpes.

Sekian artikel tentang sirsak dan khasiatnya bagi kesehatan, semoga berguna.

loading...
Loading...
Sirsak dan khasiatnya bagi Kesehatan | chsa | 4.5