Sering Ganti Pasta Gigi Bisa Jadi Penyebab Sariawan

Menyikat gigi terlalu keras banyak dianggap sebagai penyebab sariawan. Padahal sebenarnya, sariawan bisa saja disebabkan karena sering ganti-ganti pasta gigi.

Demikian adalah sebagaimana yang disampaikan DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM. Menurut ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo tersebut, pada beberapa orang sebenarnya tidak terlalu masalah pada pasta gigi. Namun ada sebagian lain yang mengalami hipersensitif di bagian mulut.

“Ada orang yang bakat sariawannya muncul terus. Ini kita sebut dia alergi, jadi tidak dianjurkan untuk mengganti pasta gigi. Jika sudah cocok dengan satu produk jangan coba yang lain,” kata Harum, ditulis Kamis (17/4/2014).

Lebih lanjut Harum mengatakan bahwa pasta gigi terbuat dari bahan kimia yang dapat merangsang rongga mulut yang hipersensitif untuk terus sariawan. Lalu, bagaimana cara memilih pasta gigi yang tepat?

Untuk orang yang hipersensitif, maka pilihlah pasta gigi berbahan khusus yang mengandung enzym tertentu dan bukan hanya bertujuan membersihkan gigi. Tapi juga yang dapat mencegah karies gigi dengan melihat kandungan dan cara kerjanya. Demikian sebagaimana yang dikutip dari laman Liputan6.

loading...
Loading...
Sering Ganti Pasta Gigi Bisa Jadi Penyebab Sariawan | lawas | 4.5