Selama Ramadhan, Ini Manfaat Makan Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Kurma menjadi sala satu buah paling populer dan banyak dicari selama bulan puasa Ramadhan. Ya, buah berita rasa manis khas dari tanah Arab ini memang cukup digemari oleh masyarakat muslim khususnya selama di bulan puasa.

Bukan tanpa sebab kenapa buah kurma banyak diburu selama bulan Ramadhan. Karena selain untuk mengikuti sunnah Rasul, makan kurma ternyata juga memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu dari sekian banyak manfaat buah kurma adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah selama berpuasa di bulan Ramadan.

Manfaat Makan Buah Kurma di Bulan Puasa Ramadhan

Dikutip dari laman Boldsky, ada sejumlah manfaat luar biasa bila kita mau makan buah kurma di bulan Ramadhan. Berikut adalah diantaranya:

1. Mencegah anemia

Buah kurma adalah sumber zat besi yang penting bagi sel darah merah. Maka dari itu, mengonsumsi kurma saat puasa akan membuat tubuh tetap sehat sekaligus mencegah dari anemia.

2. Mengurangi tekanan darah

Manfaat menakjubkan lain dari mengonsumsi kurma saat berpuasa adalah mengurangi tekanan darah tinggi. Karena itu, pasien hipertensi sebaiknya makan 3-4 kurma setiap hari untuk mengontrol tekanan darah.

3. Menurunkan kolesterol dan melindungi jantung

Konsumsi kurma saat berpuasa dapat membantu mengontrol kolesterol dan menjaga arteri tetap sehat. Karena itu, mengonsumsi kurma setiap hari saat berpuasa dapat melindungi jantung tetap sehat.

4. Mencegah diare

Salah satu kandungan dalam buah kurma, yaitu kalium mampu mencegah diare. Tidak hanya itu saja, kandungan dalam kurma juga memberikan manfaat untuk bakteri di usus.

5. Mengontrol berat badan

Makan kurma bisa membantu perut merasa kenyang lebih lama, sehingga buah ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Untuk itu anda bisa menjadikan kurma sebagai camilan sehat setelah berbuka puasa.

6. Mencegah sembelit

Rendam air kurma semalaman. Kemudian, minumlah air kurma tersebut saat sahur. Hal ini untuk menjaga pencernaan tetap lancar selama bulan Ramadan, sehingga mengatasi masalah sembelit.

7. Meningkatkan energi

Kurma menjadi salah satu contoh camilan sehat saat sahur. Anda bisa campurkan kurma dengan susu dan madu. Manfaat dari mengonsumsi kurma saat sahur adalah bisa meningkatkan energi dan stamina menjalani hari di bulan Ramadan.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari makan buah kurma saat di bulan puasa Ramadhan. Semoga informasi ini dapat berguna.

loading...
Loading...
Selama Ramadhan, Ini Manfaat Makan Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh | akbar | 4.5