Selain Meredakan Pegal, Inilah Manfaat Vitamin B12 Yang Lain

Vitamin B12 banyak dipromosikan sebagai suplemen obat untuk mengatasi pegal. Padahal, vitamin yang dapat larut dalam air ini juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh seperti misalnya untuk menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah kanker.

Organ hati dapat menyimpan vitamin B12 hingga bertahun-tahun lamanya. Akibat dari tubuh kekurangan vitamin B12 adalah tubuh mudah kelelahan, anemia, sembelit, ingatan lemah, sakit tenggorokan, penglihatan terganggu, asma, menurunnya jumlah sperma, serta hilangnya nafsu makan seseorang.

Bagi orang yang terbiasa merokok, peminum berat, ibu menyusui, wanita hamil, dan kaum lanjut usia, maka mereka sangat membutuhkan banyak vitamin B12. Adapun cara untuk mengatasi gejala akibat kekurangan vitamin B12 bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan laut, daging merah, susu dan olahannya, olahan kedelai seperti tempe, atau bisa juga dengan mengonsumsi suplemen tambahan.

Manfaat Vitamin B12

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari tercukupinya vitamin B12 bagi tubuh manusia.

1. Kesehatan mental

Vitamin B12 membantu mengatur sistem kecemasan, mengurangi stres, depresi juga penyusutan otak. Peran vitamin B12 bagi peningkatan kemampuan kognitif juga ditemukan dalam sejumlah studi.

2. Kesehatan sistem kardiovaskular

Vitamin B12 memiliki kemampuan untuk melindungi jantung dari bahaya dan penyakit yang mengancam hidup dengan meningkatkan jumlah kolesterol tidak sehat dan mencegah tekanan darah dan stroke.

3. Mencegah kanker

Vitamin B12 dapat membantu mencegah munculnya pertumbuhan kanker payudara, paru-paru, usus, dan prostat. B12 juga memiliki peran dalam sintesis DNA juga memperbaikinya sehingga mencegah mutasi gen yang menyebabkan kanker.

Sebuah studi pernah menemukan, asupan vitamin B12 bersama dengan vitamin B6 dan folat mengurangi risiko kanker usus sampai 30 hingga 40 persen pada partisipan yang memiliki gen dengan risiko tinggi kanker.

4. Kulit sehat

Suplemen vitamin B12 dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, juga kuku. Itulah mengapa asupan B12 baik untuk perawatan rambut dan kulit. Ini juga membantu reproduksi sel dan memperbaharui kulit.

5. Mengurangi risiko cacat lahir

Seperti disebutkan, vitamin B12 membantu dalam sintesis DNA dari sel. Oleh karena itu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan cacat pada DNA. Beberapa studi mengaitkan kekurangan vitamin B12 dengan cacat tabung saraf pada bayi dan risiko tinggi down syndrome pada anak.

6. Pengobatan pendukung Hepatitis C

Vitamin B12 dikenal untuk perannya dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sebuah studi dalam jurnal Gut, menilai peran suplemen vitamin B12 pada pasien yang menderita infeksi hepatitis C.

Dari 94 pasien yang menderita infeksi HCV, mereka yang mengambil suplemen vitamin B12 bersama dengan pengobatan hepatitis C menunjukkan peningkatan tingkat respon terhadap virus setelah pengobatan selesai. Daya tanggap kekebalan tubuh pasien terhadap infeksi virus meningkat 34 persen.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat dari vitamin B12 yang perlu kita ketahui bersama. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
kuku ular

Selain Meredakan Pegal, Inilah Manfaat Vitamin B12 Yang Lain | akbar | 4.5