Sekilas Tentang VPN: Pengertian dan Fungsi VPN

Mungkin anda cukup sering mendengar tentang VPN atau Virtual Private Network, namun anda tidak tahu apa itu VPN. Atau anda tahu soal VPN, tertarik untuk menggunakannya, namun tidak memiliki referensi yang cukup soal VPN.

Oke. Berikut ini info untuk anda yang masuk kelompok pertama, yang pernah dengar soal VPN, namun tidak mengetahui apa fungsinya.

Fungsi dan Manfaat VPN

Tidak peduli seberapa yakinnya anda akan keamanan koneksi internet anda, para hacker selalu saja berhasil menemukan inovasi-inovasi untuk mengakses informasi pribadi anda. Anda bisa melakukan perlindungan dengan melakukan enkripsi data, menyembunyikan traffic internet dan alamat IP anda. Namun hal ini akan menjadi sangat rumit untuk mereka yang tidak terlalu mengerti teknologi informatika, oleh karenanya banyak orang yang memilih untuk menggunakan jasa VPN saja.

Jadi VPN adalah penyedia jasa yang bisa menciptakan koneksi jaringan internet yang aman dalam jaringan personal/ publik anda yang membuat orang lain tidak bisa mengakses jaringan yang anda gunakan. VPN akan membuat semua komunikasi yang anda lakukan otomatis terenkripsi dengan aman. VPN akan melindungi semua data yang anda kirim/anda terima dari pihak-pihak yang mencoba mengaksesnya secara ilegal.

VPN memiliki fungsi lain selain memberi keamanan komunikasi dalam jaringan internet,yaitu :

  1. Anda dapat melakukan browsing secara anonim. Tidak akan ada pihak-pihak yang dapat membaca habit anda dalam berinternet atau informasi apa yang anda cari saat berinternet.
  2. Anda juga bisa mengakses video atau konten-konten streaming lainnya dari negara-negara dengan akses terbatas untuk wilayah tertentu saja.
  3. VPN mampu memblock website yang hendak mencari tau posisi anda.

Tertarik menggunakan VPN? Baca di artikel lanjutannya.

loading...
About these ads

Loading...
Sekilas Tentang VPN: Pengertian dan Fungsi VPN | akbar | 4.5