Sekelumit Kisah VW Beetle

Volkswagen sempat di klaim bukan merupakan kendaraan yang cukup ekonomis. Hal ini terjadi usai perang dunia II. Namun ternyata Volkswagen Beetle atau Volkswagen Tipe 1 yang menjadi sisa-sisa mobil dari Perang Dunia II ini cukup populer dengan bentuk yang unik.

VW Beetle sendiri adalah inisiatif Hitler. Hal yang cukup menarik dari VW Kodok ini terjadi akibat sejarahnya. VW Kodok awalnya merupakan keinginan Adolf Hitler yang menjadi pemimpin fasis Jerman guna membuat mobil murah yang memiliki kecepatan hingga 100 km/jam.

Hitler langsung meminta kepada Ferdinand Porsche guna merancang kendaraan yang kecil namun memiliki akselesari cukup tangguh dan sangat murah. Mobil ini rampung diproduksi di tahun 1936. Namun VW Beetle ini pada masa tersebut tidak sempat diproduksi secara massal. Perang Dunia II sudah meletus terlebih dulu.

Sebelumnya mobil yang sama sempat diciptakan oleh Joseph Ganz. Namun ia akhirnya harus dijebloskan ke kamp konsentrasi disebabkan ia adalah seorang Yahudi. Sementara perusahaan Ceko, Tatra juga pernah mendesain mobil serupa yang menuduh Porsche memplagiatnya. Desainer Hans Ledwinka yang mendesain mobil tersebut akhirnya tidak bisa berbuat banyak setelah Ceko di jajah Jerman.

loading...

Usai Perang Dunia II, VW hancur lebur akibat perang. Dan seorang perwira sekaligus insinyur asal Inggris, Mayor Ivan Hirst akhirnya membawa dan memproduksi VW Beetle ini secara masal sekitar 20 ribu unit. Dan akhirnya mobil ini menuai sukses besar hingga saat ini.

loading...
Loading...
kisah vw kodok

Sekelumit Kisah VW Beetle | akbar | 4.5