Segudang Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Kopi merupakan minuman yang sangat popular di seluruh dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Meskipun pada dasarnya kopi tidak termasuk dalam kategori minuman kesehatan, namun menurut riset yang ditemukan bahwa minuman yang memiliki kandungan kafein ini ternyata mampu memberikan segudang manfaat bagi tubuh manusia.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Kopi terkenal dengan kandungan kafeinnya yang tinggi. Namun juga terdapat kandungan lain yang efeknya dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Berikut lima manfaat minum kopi untuk kesehatan tubuh:

1. Mengurangi Resiko Diabetes
Dalam beberapa tahun terakhir riset menunjukan sesuatu hal yang menarik, bahwa dengan mengkonsumsi kopi dalam jangka panjang dapat mengurangi resiko diabetes untuk tipe II. Kandungan zat yang disebut asam klorogenat (chlorogenic) yang terdapat dalam kopi memiliki senyawa antioksidan, sehingga zat ini mampu meningkatkan penyerapan glukosa dalam usus.

2. Meningkatkan Fungsi Hati (Liver)
Kopi juga ternyata memiliki manfaat untuk mencegah penyakit liver, asupan kafein yang meningkat pada tubuh dapat mengurangi lemak pada hati. Kemudian dengan mengkonsumsi tiga cangkir kopi per hari dapat mambantu mengurangi resiko kanker hati. Hal ini dapat disimpulkan, bahwa kafein pada kopi ini baik untuk meningkatkan fungsi hati.

3. Peningkatan Memori (Ingatan)
Kopi dapat membantu meningkatkan memori, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Dari hasil penelitian yang diterbitkan oleh the journal Nature Neuroscience, menunjukan bahwa kafein dalam kopi mampu membantu meningkatkan memori seseorang setidaknya hingga 24 jam setelah konsumsi.

4. Mencegah Depresi
Kopi dapat mencegah depresi dan dapat meningkatkan suasana hati. Dalam sebuah studi di Harvard yang diterbitkan pada 2011, disebutkan bahwa perempuan yang meminum 4 atau lebih cangkir kopi per hari memiliki resiko lebih rendah 20 persen mengalami depresi.

5. Perawatan Kulit
Kopi memiliki manfaat untuk perawatan kulit, kopi dapat dijadikan sabun kopi atau dioleskan pada kulit dapat menghasilkan kulit yang lembut dan sehat. Dari sebuah penelitian, manfaat lain dari kopi untuk kulit dapat mengurangi lingkaran hitam dibawah mata dan mengurangi iritasi pada kulit.

Demikian informasi tentang manfaat minum kopi bagi kesehatan dan tubuh manusia. Jika dapat dikonsumsi secara teratur, bukan hal yang tidak mungkin, bahwa meminum kopi dapat memberikan efek positif bagi tubuh penikmatnya. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
konsumsi sabu lalu minum kopi, pantangan setelah konsumsi sabu

Segudang Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan | akbar | 4.5