Sebelum Mengadopsi Anak, Sebaiknya Anda Ketahui 4 Hal Berikut Ini

Tidak sedikit pasangan yang sulit untuk mendapatkan momongan akhirnya lebih memilih untuk mengadopsi anak. Namun, mengadopsi anak bukanlah perkara yang mudah. Ada hal-hal yang perlu untuk anda ketahui sebelum benar-benar berpikir untuk mengadopsi anak.

Berikut ini adalah 4 hal yang perlu anda ketahui sebelum mengadopsi anak sebagaimana yang dikutip dari laman Times of India:

1. Pastikan anda mengambil anak dari lembaga berlisensi
Agar nanti di kemudian hari anda tidak tersangkut masalah, maka adopsilah anak dari lembaga resmi yang sudah disetujui pemerintah. Ada baiknya anda terlebih dahulu mencari informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui, apakah lembaga yang akan anda gunakan tersebut adalah benar-benar bisa dipercaya atau tidak.

2. Pastikan anda mendapat dokumen lengkap
Jangan menerima begitu saja bila ternyata lembaga yang anda gunakan tidak memberikan dokumen lengkap perihal orangtua bayi dan keabsahan dari surat adopsi. Kalaupun dokumen anda sudah lengkap, jangan lupa untuk memfotokopinya.

3. Pastikan semua anggota keluarga setuju anda mengadopsi anak
Kesiapan untuk menerima anggota keluarga baru dari luar tidak hanya berlaku bagi anda dan pasangan saja. Karena itu pastikan, keluarga besar anda juga senang menerima anak yang nantinya akan anda adopsi tersebut. Hal ini sangat penting untuk kelanjutan psikologis anak di masa depan nanti.

4. Jangan mengambil keputusan tergesa-gesa
Mengadopsi anak bukanlah perkara yang sepele. Karena itu pikirkanlah dengan matang sebelum anda benar-benar memilih keputusan tersebut. Selain dengan pasangan, libatkan juga orangtua atau mertua untuk berdiskusi dan meminta masukan sekiranya anda akan mengadopsi anak.

loading...
Loading...
Sebelum Mengadopsi Anak, Sebaiknya Anda Ketahui 4 Hal Berikut Ini | lawas | 4.5