Sayuran Sehat yang Berguna untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

Banyak orang mengalami kekurangan asupan cairan selama bulan puasa. Padahal, ketika mengalami kekurangan cairan, maka tubuh akan merasakan lemas. Sehingga hal ini akan berpotensi menyebabkan seseorang tidak kuat berpuasa.

Selain dengan cara minum setidaknya 8 gelas air setiap harinya, untuk mencegah kekurangan cairan juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi sayuran untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa.

Karena itu, pastikan sayuran segar selalu ada dalam setiap menu yang disajikan baik untuk makan sahur maupun buka puasa.

Sayuran untuk Mencegah Dehhidrasi Selama Puasa Ramadhan

Sebagaimana yang dikutip dari laman Timesofindia, ada beberapa jenis sayuran yang dapat dimakan untuk menangkal dehidrasi. Berikut diantaranya:

loading...

1. Timun

Timun kaya akan kandungan air di dalamnya. Untuk itu anda bisa mengonsumsi lalapan timun setiap hari karena bisa melawan dehidrasi. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi timun juga dapat membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Karena selain kaya akan kandungan air, di dalam timun ini juga diklaim memiliki 10 kcal serta bebas lemak.

2. Bayam

Sayur bayam tinggi akan kandungan zat besi dan mikro-mineral yang mudah hilang saat anda beraktivitas. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan.

3. Selada

Anda bisa menambahkan selada ke dalam menu harian. Para ahli mengatakan bahwa orang yang menderita masalah sembelit harus banyak makan selada. Di dalam sayur selada juga terkandung vitamin K yang tinggi sehingga dapat membantu massa peningkatan tulang. Selain itu, karena kandungan air alami di dalam selada membuatnya dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

4. Oyong

Sayuran ini membantu dalam memurnikan darah dan juga membantu melancarkan pencernaan. Oyong juga dapat memberikan efek pendinginan dalam tubuh dan melawan dehidrasi.

Itulah beberapa jenis sayuran sehat yang dapat membantu mencegah tubuh dehidrasi selama puasa di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
makan timun di saat puasa

Sayuran Sehat yang Berguna untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa | akbar | 4.5