Loading...

Resep Masak Rendang Jengkol Lezat yang Menggugah Selera

Jengkol atau yang dalam bahasa Minang dikenal dengan istilah jariang memang merupakan salah satu makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Tidak mengherankan bila karena itu banyak orang yang menghindari atau memang tidak menyukai makanan olahan dari jengkol ini.

Jengkol sebenarnya bisa diolah menjadi makanan lezat nan menggugah selera tanpa menyebabkan bau mulut. Tentu saja bila itu dilakukan cara pengolahan yang benar. Karena memang ada trik bagaimana cara memasak jengkol tanpa menyebabkan bau jengkol pada mulut.

Meski jengkol bisa menyebabkan bau mulut setelah mengonsumsinya, namun nyatanya banyak orang yang tetap menyukai masakan olahan yang terbuat dari jengkol. Salah satu jenis olahan yang bisa dinikmati adalah rendang jengkol atau yang dalam bahasa Minang juga dikenal dengan sebutan rendang jariang.

Gambar Rendang Jariang - Rendang Jengkol

Rendang Jariang – Rendang Jengkol


Dikutip dari dari instagram akun @resepyummy, Jumat ada resep lengkap rendang jengkol yang bisa jadi santapan nikmat di rumah. Berikut resepnya:

Resep Cara Membuat Rendang Jengkol – Jariang

Untuk membuat renang jengkol, pastikan bahan utamanya yaitu jengkol tersedia. Dalam hal ini kita siapkan saja 1/2 kg jengkol, rendam semalaman, rebus, kupas kulit tipisnya yang berwarna kecokelatan.

Sementara untuk bumbu halusnya, persiapkan bahan-bahannya berupa 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 7 buah cabai merah keriting dan 2 buah cabai rawit merah. Kemudian siapkan juga 2 ruas jahe dan 2 batang serai, dua bahan ini dimemarkan. Siapkan juga 3 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 1 ruas kunyit dan laos yang digeprek. Juga persiapkan 1 sdt gula jawa, minyak untuk menumis, 1 bungkus santan instant ukuran kecil dan garam secukupnya.

Cara Membuat Rendang Jengkol

Setelah semua bahan dan bumbu tersedia, maka sekarang adalah proses memasak rendang jengkol. Untuk membuat rendang jengkol, pertama kita panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan jahe, daun salam, serai dan laos. Tumis hingga bumbu matang dan harum. Masukkan jengkol yang sudah direbus. Aduk hingga rata.

Kemudian masukkan air secukupnya, juga garam dan gula lalu masak hingga meresap. Terakhir masukkan santan instant. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga air menyusut dan bumbu meresap. Sajikan bersama nasi putih hangat.

O ya, meski olahan jengkol memang terasa nikmat dan begitu menggugah selera, namun ada baiknya untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Pasalnya, akibat dari makan jengkol terlalu banyak bisa menyebabkan efek samping. Salah satu yang paling umum dan sering dialami adalah jengkolan, yaitu gangguan pada saluran pembuangan air seni akibat dari asam jengkolat (jencolid acid) yang gagal dilarutkan oleh ginjal sehingga membentuk kristal padat yang berakibat sulit membuang air kencing.

loading...
Loading...
cara buat air asam jawa untuk masakan

Resep Masak Rendang Jengkol Lezat yang Menggugah Selera | akbar | 4.5