Resep Cara Membuat Jamu Beras Kencur Sendiri

Beras kencur merupakan minuman kesehatan yang sekaligus bisa menjadi obat herbal untuk mengobati berbagai jenis masalah dan gangguan kesehatan. Karena rasanya yang tidak pahit dan cenderung manis membuat minuman ini cukup digemari tidak hanya orang dewasa, namun juga anak-anak.

Dari namanya saja kita sudah tahu akan bahan utama untuk membuat jamu berasa kencur, yaitu beras dan kencur. Kedua bahan tersebut kaya akan kandungan di dalamnya. Sehingga tidak mengherankan bila ada banyak manfaat dan khasiat dari mengonsumsi jamu beras kencur.

Beberapa manfaat minum jamu beras kencur yang akan didapat diantaranya adalah bisa untuk menghilangkan kelelahan dan meningkatkan stamina, membantu menyingkirkan rasa pegal-pegal pada tubuh, serta membuat tubuh segar kembali setelah beraktivitas. Jamu beras kencur juga dapat meringankan batuk, mengatasi masuk angin dan sakit kepala, serta mengatasi timbulnya jerawat. Hangatnya kencur ternyata juga berguna untuk mengatasi sariawan, selain juga dapat melegakan tenggorokan, dan mengatasi penyakit perut. Tidak hanya sampai disitu saja, jamu-jamuan juga sangat baik sebagai pelangsing alami tubuh, tak terkecuali jamu beras kencur.

Cara membuat jamu beras kencur tidaklah terlalu sulit. Selain karena bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan, dengan membuat sendiri jamu beras kencur tentu akan lebih terjamin kebersihannya.

loading...

Untuk anda yang tertarik mencoba membuat sendiri jamu beras kencur, tidak ada salahnya bila anda coba ikuti caranya seperti berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman kalbestore.com.

Bahan untuk Membuat Jamu Beras Kencur

Untuk membuat jamu beras kencur, persiapkan bahan-bahannya seperti berikut ini:

  • 50 gram kencur
  • 2 sendok makan beras putih
  • 600 ml air
  • Madu/gula batu/gula merah secukupnya
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Es batu secukupnya.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Untuk membuat jamu beras kencur, pertama cuci beras lalu rendam dengan air mendidih hingga berwarna putih keruh dan empuk.

Kupas kencur dan bersihkan dengan cara dicuci menggunakan air.

Selanjutnya beras dan kencur dicampur lalu haluskan dengan blender.

Didihkan air, kemudian masukkan campuran beras dan kencur hingga tercampur rata, dan mengeluarkan wangi aroma kencur menyengat. Tambahkan gula, dan aduk hingga gula larut. Lalu saring dan sajikan di dalam gelas.

Anda bisa menambahkan madu saat jamu beras kencur akan diminum.

Apabila anda ingin menambahkan sensasi kesegaran dari minuman ini, anda pun bisa menambahkan air jeruk nipis. Selain menyegarkan, jeruk nipis juga kaya akan kandungan vitamin C.

Jamu beras kencur sebenarnya bisa diminum selagi hangat atau setelah dingin, karena itu anda pun bisa menambahkan es batu untuk menambahkan kesegarannya bila menginginkannya.

loading...
Loading...
cara membuat kerambit sendiri, cara membuat pipit kijang, membuat hair dryer sendiri, membuat kasur busa sendiri, cara membuat kasur bayi sendiri, membuat shower sendiri, cara membuat shower, resep sirup frambos, kencur dicampur madu, minuman yang yang melegakan perut, Madu kencur jeruk nipis

Resep Cara Membuat Jamu Beras Kencur Sendiri | akbar | 4.5