Ramuan Tradisional untuk Mengobati Sakit Gigi

Saat sakit gigi datang, yang merasakannya tidak hanya bagian gigi, namun juga hampir seluruh tubuh. Karena itulah, banyak orang yang merasa tersiksa akibat sakit gigi ini.

Beberapa hal bisa jadi penyebab sakit gigi, misalnya adalah karena adanya gigi yang berlubang, makan atau minum yang telalu manis, asam atau bisa juga karena terlalu dingin.

Sebelum anda memutuskan untuk pergi ke dokter gigi guna mengobati sakit gigi, maka tidak ada salahnya bila anda mencoba ramuan obat sakit gigi tradisional terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa contoh ramuan tradisional untuk mengobati sakit gigi yang bisa anda coba:

Bawang putih

Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd,
Bawang putih memiliki kandungan senyawa antiseptik yang bisa menyembuhkan sakit gigi. Untuk cara mengobati sakit gigi, ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi yang berlubang. Biarkan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

Daun cengkeh

Selain sebagai bahan dalam pembuatan rokok, daun cengkeh juga punya cengkeh manfaat untuk mengobati sakit gigi. Adapun cara mengobati sakit gigi menggunakan daun cengkeh yaitu dengan mencuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang terasa sakit.

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh termasuk salah satu obat sakit gigi tradisional yang cukup populer. Banyak orang yang sudah membuktikan akan keampuhan dari minyak cengkeh untuk meringankan sakit gigi. Cara penggunaan minyak cengkeh untuk meringankan sakit gigi yaitu dengan memberikan 2-3 tetes minyak cengkeh pada kapas kemudian gosokkan pada gigi yang terasa sakit. Selain dengan minyak cengkeh, biji atau buah cengkeh juga bisa digunakan. Jika menggunakan cengkeh, basahi dulu dengan air liur atau kunyah-kunyah sebelum dimasukkan pada gigi.

Cabe rawit

Cabe rawit memiliki kandungan senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Untuk meredakan sakit gigi, larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi yang terasa sakit.

Getah jarak

Getah dari pohon jarak ini punya khasiat untuk mengobati sakit gigi karena gigi berlubang. Caranya mudah, yaitu hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang. Tapi hati-hati ya, pasalnya ada yang menyebutkan bahwa getah jarak ini bisa menyebabkan gigi jadi keropos.

Akar kangkung

Pernah mengira bahwa sayuran yang bisa menyebakan kantuk ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi? Ya, tanaman kangkung ini ternyata bisa untuk mengobati sakit gigi, namun yang digunakan adalah hanya akr kangkung saja. Adapun cara penggunaannya adalah segenggam akar kangkung bersama 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Akar meniran

Selain untuk mengobati penyakit ginjal, gangguan saluran kencing, hepatitis dan disentri, meniran juga bisa untuk mengobati sakit gigi. Untuk cara penggunaanya adalah cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.

Sereh

Sereh biasa digunakan oleh ibu-ibu sebagai bumbu penambah aroma pada masakan. Tanaman ini dikenal juga dengan nama sereh. Selain itu, manfaat sereh lainnya adalah bahwa ternyata juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan sereh ini adalah dengan merebus 40 gr sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Selanjutnya anda bisa gunakan ramuan ini untuk berkumur.

Es batu

Dalam dunia kesehatan, es batu biasa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, termasuk juga untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi caranya cukup mudah. Yaitu dengan memasukkan es batu dalam kantong kain atau ke area sakit dan biarkan selama 5-10 menit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

Itulah beberapa bahan herbal untuk mengobati sakit gigi secara alami yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
manfaat cuka untuk gigi berlubang

Ramuan Tradisional untuk Mengobati Sakit Gigi | lawas | 4.5