Ramuan Obat Herbal untuk Melancarkan ASI

Produksi ASI yang lancar sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Dengan produksi ASI yang lancar maka akan menjamin bahwa ibu mampu memberikan asupan ASI bagi buah hatinya hingga ia usia 6 bulan.

Sayangnya, tidak semua ibu yang baru melahirkan bisa memberikan ASI secara eksklusif untuk bayinya. Salah satu alasannya adalah produksi ASI yang sedikit dan tidak lancar. Selain ini tidak baik bagi si bayi, juga akan membuat si ibu merasa tertekan karena tidak mampu memberikan ASI untuk buah hatinya tersebut.

Untuk membantu melancarkan ASI, biasanya ibu akan dianjurkan untuk meminum ramuan pelancar ASI. Mulai dari mengonsumsi daun katuk hingga obat pelancar ASI yang kini sudah banyak dijual di apotek atau toko obat.

Berikut ini adalah beberapa ramuan obat alami untuk membantu melancarkan produksi ASI yang bisa dicoba sebagaimana yang dikutip dari Tabloit Nakita:

loading...

1. Daun katuk dan pegagan

Cara membuat obat pelancar asi : Cuci bersih segenggam daun katuk dan segenggam daun pegagan. Kupas kulit 2 jari rimpang temulawak dan 2 jari rimpang kunyit, cuci bersih. Tumbuk semua bahan sambil diberi air matang sedikit-sedikit, kira-kira 1 gelas. Aduk saring. Saat hendak diminum, tambahkan sedikit madu atau gula aren dan air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini 1 x sehari.

2. Temulawak

Cara membuat ramuan pelancar asi : Ambil 2 jari temulawak, cuci bersih, iris tipis-tipis, rebus dalam 3 gelas jadi 2 gelas. Lalu airnya diminum. Bisa juga, setelah dibersihkan lalu diparut atau dihaluskan dan diberi air sedikit lalu diperas. Minum air perasannya 2 x sehari 1 ramuan.

3. Daun jinten

Cara membuat ramuan pelaancar asi : Cuci bersih segenggam daun jinten, masak dengan sup ayam atau direbus biasa. Minum air rebusannya.

Aturan minum : Bila kekurangan ASInya masih ringan, bisa dikunsumsi sekali sehari dan 2 x sehari bila kekurangan berat. Paling efektif bila diminum sejam sebelum makan.

4. Bidara upas

Bagi ibu yang baru menyusui maka biasanya akan bermasalah dengan peradangan dimana payudara ibu menjadi bengkak. Pembengkakan ini bisa terjadi karena asi yang diminum bayi tidak sebanding dengan produksinya.

Untuk itu ibu bisa menggunakan ramuan ini. Kupas 1 – 2 umbi bidara upas. Setelah dibersihkan parut dan peras airnya. Selanjutnya oleskan ke payudara 1 x sehari.

Getah bidara upas yang mengandung Oxydase, sangat baik untuk peradangan dan juga mampu menghilangkan pembengkakan.

loading...
Loading...
Ramuan Obat Herbal untuk Melancarkan ASI | akbar | 4.5