Ragam Manfaat Konsumsi Jambu Biji bagi Kesehatan Tubuh

Gambar Jambu Biji Putih dan ManfaatnyaJambu biji merupakan salah satu buah musiman yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang khas dan nikmat saat dikonsumsi, jambu biji juga dikenal memiliki beberapa sumber nutrisi yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Spesialnya, ternyata pada jambu biji mengandung kaya akan vitamin C empat kali lipat lebih tinggi dari buah jeruk.

Kandungan vitamin C pada jambu biji ini memiliki manfaat kesehatan seperti membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsi jambu biji berukuran sedang menawarkan dua kali lipat kebutuhan harian vitamin C, yang terkait erat dengan peningkatan imunitas dan menjaga tubuh terhadap infeksi. Selain itu, jambu biji juga memiliki beragam khasiat lainnya yaitu sebagai berikut seperti dirangkum dari laman The Health Site.

1. Mengurangi Resiko Kanker

Jambu biji memiliki senyawa yang disebut dengan lycopene, quarcitin, dan polifenol. Senyawa tersebut berperan penting sebagai antioksidan kuat dalam menetralkan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Menurut sumber, ada bukti kuat yang menunjukan ekstrak jambu dapat mencegah kanker prostat, payudara, kulit dan paru-paru.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Human Hypertension, menunjukan bahwa diet jambu biki mampu meningkatkan keseimbangan tubuh, yang dapat mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi. Selain itu, jambu biji juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolestrol jahat (LDL) yang berkontribusi pada pengembangan penyakit jantung.

3. Membantu Mengobati Sembelit

Satu buah jambu biji dapat memenuhi 20 persen asupan serat harian yang direkomendasikan, sehingga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Kemudian serat jambu biji dapat membantu dalam mendorong makanan ke susu sehingga mengurangi masalah sembelit.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kerukasan radikal bebas pada kulit dapat memicu pembentukan kerut dan penuaan dini. Pada jambu biji kaya vitamin C, vitamin A serta antioksidan lycopene dan karoten, dimana membantu melindungi kulit dari keriput dan munculnya garis-garis halus. Maka setidaknya dengan makan jambu biji setiap hari dapat mencegah terjadinya penuaan dini lebih cepat.

5. Sehat untuk Ibu Hamil

jambu biji mengandung asam folat atau vitamin B9 yang dianjurkan untuk ibu hamil, karena dapat membantu mengembangkan sistem saraf bayi dalam kandungan dan melindunginya dari gangguan neurologi, sehingga konsumsi jambu biji bagi ibu hamil memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk bayi maupun untuk sang ibu itu sendiri.

loading...
About these ads

Loading...
Ragam Manfaat Konsumsi Jambu Biji bagi Kesehatan Tubuh | chsa | 4.5
gambar ikan ambu ambu, Gambar payudara ibu hamil, ikan ambu-ambu