Ragam Manfaat dari Jeruk Lemon

Lemon, salah satu jenis buah jeruk yang memiliki cita rasa asam ini cukup populer dan banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Penggunaannya tidak hanya dijadikan sebagai bahan pembuat minuman yang segar, namun juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembersih lemak saat ibu mencuci piring dan perabot makanan lainnya.

Manfaat dari Jeruk Lemon

Rasa asam yang kuat menjadi salah satu indikasi bahwa jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi lain yang ada di dalam jeruk lemon misalnya adalah kalsium, magnesium, dan kalium, yakni mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Dengan tingginya kandungan yang ada di dalam jeruk lemon, maka tidak mengherankan bahwa jeruk lemon banyak digunakan untuk didapatkan khasiatnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Adapun beberapa khasiat dari jeruk lemon diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi jerawat
Buah lemon memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antibakteri dan jamur yang membuatnya sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Untuk cara mengatasi jerawat menggunakan jeruk lemon, anda bisa menggosokkan irisan lemon langsung ke wajah, atau untuk menghilangkan noda hitam bisa mencampurkan lemon dengan madu sebelum mengaplikasikannya. Biarkan selama lima sampai sepuluh menit sebelum kemudian bisa anda bersihkan dengan air dingin.

2. Menghilangkan bekas jerawat
Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, jeruk lemon juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengatasi bintik-bintik hitam yang ada di wajah. Kandungan asam di lemon dapat mencerahkan kulit dan membuatnya makin segar. Namun untuk anda yang memiliki luka di wajah sebaiknya hati-hati, karena bila terkena air lemon akan terasa sangat perih. Untuk itu sebaiknya gunakan saat kulit dalam keadaan bebas luka.

3. Memutihkan gigi
Banyak orang ingin memiliki gigi yang putih karena dengan demikian ia akan memiliki senyum yang lebih menawan. Untuk itu tidak jarang seseorang melakukan treatment khusus di klinik kecantikan atau dokter khusus untuk memutihkan gigi. Namun dengan lemon anda tidak perlu melakukan hal itu.

Anda bisa memutihkan gigi secara alami menggunakan jeruk lemon. Caranya dengan mencampurkan jus lemon dengan baking soda. Gosokkan pada gigi dan biarkan selama satu menit. Selanjutnya bisa anda bersihkan dengan sikat gigi perlahan-lahan.

4. Perawatan kulit berminyak
Lemon memiliki khasiat luar bisa untuk mengatasi kulit yang berminyak. Anda bisa membersihkan wajah dengan sapuan kapas dan lemon untuk membersihkan minyak yang ada di wajah. Cara perawatan seperti ini bisa anda coba sebelum beranjak tidur dan basuh muka ketika bangun pagi.

5. Membuat rambut bersinar
Dengan buah lemon anda tidak perlu lagi salon sekedar untuk perawatan rambut agar terlihat berkilau. Untuk itu anda bisa mengkombinasikan jus lemon dan conditioner, sisir, dan jemur di bawah sinar matahari dalam beberapa jam, lalu cuci. Cara ini bisa anda ulangi sekali dalam seminggu dan rambut anda akan lebih berkilau.

6. Menguatkan kuku agar tidak mudah patah
Banyak wanita ingin memiliki kuku yang panjang dan tidak mudah patah. Karena itu, untuk menguatkan kuku anda bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun, lalu gunakan untuk merendam kuku. Tidak hanya membuat kuku jadi lebih kuat, namun rendaman ini juga akan membuat kuku lebih putih.

7. Mengatasi ketombe dan kulit kepala kering
Untuk cara mengatasi ketombe dan kulit kepala kering, anda bisa coba manfaatkan buah lemon. Gunakan minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan lemon sebagai alternatif untuk perawatan rambut yang berketombe dan kering.

8. Melembabkan bibir
Untuk cara membuat bibir menjadi lebih lembab, anda bisa coba gunakan lemon. Buah lemon memiliki khasiat dimana buah ini akan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga bekas lipstik pun hilang dengan sempurna dan bibir jadi lebih sehat.

Gunakan irisan lemon sebagai bahan untuk perawatan bibir yang kering. Caranya adalah dengan menggosokkannya ke bibir, dan kemudian cucilah secara perlahan.

9. Membersihkan kulit wajah dan tubuh
Sebagai bahan pembersih wajah, anda bisa coba gunakan buah lemon. Karena buah yang memiliki cita rasa asam ini sangat efektif dalam membantu menyingkirkan kotoran dan bakteri, serta melembabkan kulit di saat yang sama.

Itulah beberapa manfaat dan cara menggunakan buah lemon untuk perawatan kecantikan. Selain itu sebenarnya masih ada banyak manfaat dari buah lemon. Misalnya anda bisa memeras buah lemon dan kemudian airnya bisa anda gunakan sebagai obat batuk. Untuk membersihkan lemak dan minyak di piring atau peralatan dapur lainnya, anda bisa tambahkan air lemon ke dalam sabun cuci yang digunakan.

loading...
About these ads

Loading...
Ragam Manfaat dari Jeruk Lemon | akbar | 4.5
cara menghilangkan bekas luka di bibir secara alami, warna cat kuning lemon, minum air lemon saat puasa, msnfaat lemon dan jahe, tips menghilangkan bekas luka di bibir, obat penghilang bekas luka di bibir, menghilangkan luka di bibir, menghilangkan bekas luka di bibir secara alami, air kelapa lemon, kasiat air degan plus lemon, manfaat kelapa muda dan lemon, cara menghilangkan jerawat ala ragam manfaat, cara menghilangkan bekas luka pada bibir, cara alami menghilangkan bekas luka di bibir, obat batuk pembuat sabu, obat alami buat bekas luka dibibir, mnghlngkn bks luka dibibir, obat untu menghilangkan bekal luka di bibir, obat bekas luka dibibir, manfaat jeruk peras untuk wajah, cara menghilang kan bekas luka di bibir, Cara menghilangkan bekas luka dibibir secara alami, cara pudarkan bekas luka dibibir, cara untuk menghilangkan bekas luka di bibir, gambar scrub kopi, jeruk peras untuk jerawat, kelapa campur lemon, khasiat air kelapa campur minyak zaitun, khasiat lemon dan minyak kelapa, klapa muda dicampur lemon