Prosedur Cara Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Jambi

Sebagai warga negara yang baik, maka kita harus taat terhadap peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Salah satunya adalah kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor.

Bagi setiap pemilik kendaraan bermotor, maka wajib baginya untuk membayarkan pajak atas kepemilikan sepeda motor setahun sekali yang dapat dibayarkan langsung di kantor samsat.

Sebai rutinitas yang wajib dilakukan semua pemilik kendaraan bermotor, sayangnya masih banyak yang belum paham betul bagaimana prosedur proses cara pembayaran pajak kendaraan di kantor samsat. Padahal cara membayar pajak motor sangatlah mudah.

Cara Cek Pajak Motor dan Mobil Online

Untuk mengetahui besaran jumlah pajak dan denda yang harus dibayarkan, maka ada baiknya bila terlebih dahulu anda mengeceknya secara online. Untuk cara cek pajak motor dan mobil yang harus dibayarkan untuk area samsat Jambi, bisa dicek melalui

http://samsat.jambiprov.go.id/info_kb.php

Syarat Membayar Pajak Kendaraa

Untuk membayar pajak kendraaan baik sepeda motor ataupun mobil maka pembayar diharuskan untuk membawa STNK, BPKB dan KTP yang difotokopi dan juga asli.

Prosedur Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

1. Isi formulir permohonan perpanjang STNK sesuai data di STNK dan BPKB. Formulir dapat di ambil di loket pendaftaran. Lengkapi formulir dengan lampiran berkas yang dibutuhkan. Berkas yang harus dilampirkan :
Perpanjangan pajak STNK Tahunan

  • STNK Asli + Fotokopi
  • Fotokopi BPKB
  • KTP asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB

Perpanjangan Pajak STNK Lima Tahunan

  • Cek Fisik Kendaraan
  • STNK Asli + Fotokopi
  • Fotokopi BPKB

2. KTP Asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB
3. Selesai melengkapi berkas, serahkan berkas permohonan perpanjang Pajak STNK tersebut ke Loket Penyerahan berkas.
4. Silahkan tunggu sampai dipanggil nama sesuai data yang tercantum di STNK.
5. Anda akan diberikan slip pembayaran Pajak yang telah tercantum biaya pajak yang harus dibayar.
6. Serahkan Slip pembayaran dan uang sebesar biaya pajak ke Kasir.
7. Selesai membayar pajak, Anda akan memperoleh bukti pelunasan pembayaran pajak dan bukti tersebut diserahkan ke loket Pengambilan STNK.
8. Silahkan tunggu hingga nama anda dipanggil. STNK baru anda telah diperpanjang satu tahun ke depan.
9. Untuk proses lima tahunan, setelah selesai proses pembayaran pajak STNK, bawa bukti pembayaran pajak tersebut ke loket pengambilan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) untuk mengambil Plat nomor yang baru.

Selain di kantor Samsat setempat, khusus proses perpanjangan pajak tahunan juga dapat dilakukan di Samsat keliling dan gerai Samsat. Jangan lupa untuk membawa KTP dan BPKB asli sebagai bukti keaslian.

Agar tidak dikenakan denda atas keterlambatan membayar pajak kendaraan bermotor, maka bayarlah pajak motor sebelum jatuh masa tempo. Juga, hindari membayar pajak motor melalui calo karena membayar pajak motor langsung di samsat sangat mudah dan tentunya tidak akan ada pembengkakan biaya.

Untuk tempat membayar pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan di kantor samsat setempat dimana nomor kendaraan anda terdaftar, atau pembayaran pajak motor juga bisa dilakukan di samsat keliling atau gerai samsat. Sebagai bukti keaslian, pastikan anda membawa KTP dan BPKB asli.

loading...
Loading...
samsat jambi, cara cek pemakaian terakhir indosat, samsat jambi online 2016, apakah bisa bayar pajak kendaraan motor tidak pakai ktp di jambi, samsat, samsat jambi com, cek pajak motor jambi, jambisamsat net, samsat keliling di kota jambi, samsat online jambi, samsat online jambi 2016, syarat bayar pajak mobil di samsat kota jambi, syarat urus pajak kendaraan jambi 2016, tempat bayar pajak mobil di kota jambi, cara mengurus ganti plat nomor motor di jambi, samsat jambi net, cek stnk jambi, samsat jambi 2016, cek pajak samsat jambi, pembayaran montor daerah jambi, gerai samsat jambi, dimana bisa bayar pajak di jambi, dimana bayar pajak jambi, www samsatjambi2016 com

Prosedur Cara Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Jambi | akbar | 4.5