Posisi Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil

Kehamilan membuat ibu menjadi tidak nyaman saat tidur, padahal ibu hamil sangat membutuhkan tidur nyenyak. Dengan tidur nyenyak maka hal itu bisa mengurangi depresi selama masa kehamilan. Bila ibu hamil kurang mendapatkan tidur nyenyak, maka hormon stres akan meningkat, sehingga dapat membahayakan bayi yang dikandungnya.

Sayangnya, bentuk perut yang semakin buncit membuat ibu hamil semakin kesulitan untuk mencari posisi agar bisa tidur nyenyak. Nah, untuk ibu hamil, ada beberapa posisi tidur yang aman yang bisa dilakukan.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah empat posisi tidur yang aman untuk ibu hamil:

Hadap kiri

Selama kehamilan, tidur menghadap kiri adalah posisi yang paling aman. Selain membuat nyaman, manfaat manfaat tidur menghadap kiri bagi ibu hamil adalah bisa meningkatkan sirkulasi darah, mencegah sesak napas, serta melindungi hati dan ginjal dari tekanan perut anda.

Tinggikan posisi kepala

Anda bisa menaruh beberapa bantal untuk menopang kepala agar posisinya semakin tinggi. Cara tidur seperti ini berguna untuk mengurangi refluks asam, karena akan mendorong keasaman pada perut.

Ganjal punggung dengan bantal

Untuk menghindari sakit punggung karena perut yang semkain membesar, maka gunakan bantal untuk mengganjal punggung. Cara tdur seperti ini juga akan menopang keseimbangan perut anda dan membantu untuk mengendurkan otot punggung.

Luruskan kaki

Usahakan untuk meluruskan kaki anda dan regangkan selama tidur. Bahkan kalau bisa ganjal kaki dengan guling. Cara ini bisa berguna untuk mengatasi kram kaki yang sering terjadi pada ibu hamil pada malam hari.

Itulah beberapa posisi tidur yang aman untuk ibu hamil dan dipercaya bisa membantu ibu hamil tidur nyenyak. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Posisi Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil | akbar | 4.5