Pilihan Menu Sarapan Sehat Bergizi untuk Anak

Anak-anak membutuhkan jumlah asupan nutrisi yang lengkap untuk membantu proses tumbuh dan kembang anak. Dalam hal ini sebagai orang tua memiliki peran penting dalam menjaga asupan nutrisi anak. Untuk itu orang tau harus memperhatikan kira-kira apa menu sarapan yang cocok bagi anak namun makanan tersebut dapat mencukupi kebutuhan akan asupan nutrisi.

Saat menyiapkan sarapan untuk anak tidak hanya sekedar apa yang membuat anak menjadi kenyang, namun juga pastikan bahwa menu sarapan juga harus kaya akan gizi. Anda tidak perlu bingung harus menyiapkan makanan apa untuk sarapan anak. Karena anda bisa memilih beberapa menu sarapan terbaik yang penuh dengan gizi, sehingga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi anak sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky berikut ini.

Pilihan Menu Sarapan Sehat Bergizi untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa contoh pilihan menu sarapan sehat untuk anak yang dapat orang tua berikan:

1. Susu

Susu memiliki kandungan kalori tinggi yang dapat menambah berat badan anak. Pastikan anak anda minum susu sebanyak 2 gelas sehari, di pagi dan malam hari. Biar tidak bosan, anda bisa mengkombinasi menu sarapan anak dengan sereal sehat di pagi hari.

2. Mentega

Menambahkan olesan mentega ke dalam menu sarapan anak sangat dianjurkan. Ini sangat cocok dikonsumsi bagi anak-anak yang punya tubuh kurus, agar mereka tidak berisiko kekurangan nutrisi. Contohnya seperti roti gandum yang dioles mentega yang kaya lemak sehat, apalagi jika tidak dilelehkan.

3. Pisang

Sebagai menu sarapan yang cocok untuk anak, buah pisang memiliki kandungan karbohidrat, kalium dan jumlah kalori yang cukup untuk membangkitkan energi mereka. Buah pisang juga mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa menambahkan pisang menjadi isian roti, smoothie pisang, atau bisa juga dimakan langsung buahnya.

4. Roti

Roti bisa dijadikan sebagai menu pengganti nasi yang pas untuk sarapan di pagi hari. Khususnya bagi anak-anak, roti juga dapat dijadikan sebagai bekal sehat. Anda bisa mengombinasikan roti dengan sayur, buah-buahan atau olesan cokelat yang kaya rasa.

5. Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Telur juga merupakan sumber baik dari vitamin A dan vitamin B12. Selain membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, makan telur setiap hari juga akan memberikan kontribusi kenaikan berat badan.

6. Ayam

Ayam merupakan contoh sumber protein hewani selain telur. Namun untuk anak-anak, sebaiknya jangan berikan ayam negeri yang tidak sehat. Ada baiknya anda memilih jenis ayam kampung yang sehat dan penuh gizi. Pilihan ini dapat menggemukkan badan anak anak yang kurus dan susah makan.

7. Alpukat

Buah alpukat adalah makanan yang paling cocok untuk anak-anak yang kekurangan berat badan. Karena kandungan lemak sehat di dalam alpukat diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Anda bisa berikan anak sarapan buah alpukat yang bisa dicampur dengan oat atau susu yang tak kalah sehat setiap pagi.

Itulah beberapa contoh menu sarapan sehat untuk anak. Sarapan merupakan waktu terbaik bagi anak untuk memenuhi asupan nutrisi untuk aktivitasnya hingga siang hari. Karen aitu pastikan anda berikan menu sarapan yang bernutrisi setiap pagi agar anak tetap sehat.

loading...
Loading...
menu buka puasa untuk penderita hipertensi, susu pengganti makanan untuk orang sakit, susu pengganti makanan untuk orang tua, berikan contoh sarapan, sarapan anak pagi hari biar sehat

Pilihan Menu Sarapan Sehat Bergizi untuk Anak | akbar | 4.5