Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Demam Berdarah yang Bisa Dilakukan

Demam berdarah merupan penyakit akibat gigitan nyamuk yang bila tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan pasien meninggal dunia. Karena itu pertolongan terhadap penderita demam berdarah harus segera dilakukan secepat mungkin.

Pertolongan pertama untuk penderita demam berdarah dengue atau DBD yang harus dilakukan adalah dengan memberikan minum sebanyak-banyaknya. Karena demam tinggi akibat DBD bisa mengurangi cairan tubuh. Karena itu sangat penting untuk memberikan asupan cairan kepada penderita DBD.

Beberapa pilihan pemberian cairan untuk penderita DBD bisa dilakukan mulai dari air mineral, pepaya, dan susu kambing dipercaya dapat memberi pertolongan yang efektif.

1. Air

Minum air sebanyak mungkin untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengganti kehilangan cairan. Minum banyak air bermineral juga akan menurunkan suhu tubuh saat demam dan mengurangi gejala sakit kepala dan keram.

2. Susu kambing

Susu kambing dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah kepingan darah, walaupun sebenarnya belum ada bukti ilmiah tentang keyakinan tersebut.

3. Daun pepaya

Sudah sejak lama daun pepaya digunakan sebagai pengobatan untuk mencegah kanker dan juga meningkatkan trombosit darah. Daun pepaya bisa direbus atau cukup diperas untuk diambil sarinya. Bahkan kini telah tersedia obat oral untuk DBD yang berbahan dasar daun pepaya.

4. Daun basil

Daun basil adalah pilihan baik lainnya untuk pengobatan DBD. Menurut kepercayaan teadisi, meminum sari daun ini juga membantu mencegah penularan DBD yang lebih luas.

Itulah beberapa jenis minuman yang bisa diberikan kepada penderita DBD sebagai pertolongan pertama untuk penderita demam berdarah yang bisa dilakukan. Pemberian cairan pada penderita dipercaya dapat memberi pertolongan yang efektif untuk penderita demam berdarah DBD. Demikian sebagaimana dikutip dari laman Zeenews.

loading...
Loading...
Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Demam Berdarah yang Bisa Dilakukan | akbar | 4.5