Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung yang Harus Dilakukan

Mendaki gunung merupakan salah satu jenis olahraga sekaligus wisata alternatif yang cukup populer dan banyak digemari. Mendaki gunung termasuk kegiasatan yang cukup ekstrim dan berbahaya, terlebih bila dilakukan dengan tanpa persiapan matang sebelumnya.

Mendaki gunung tidak hanya butuh fisik yang kuat, namun juga perlu menyiapkan mental dan hal-hal penting lainnya. Karena bila tidak dipersiapkan dengan benar, mendaki gunung bisa menjadi kegiatan yang cukup berbahaya yang nantinya akan merugikan bagi si pendaki tersebut.

Walau bisa dilakukan sendirian, mendaki gunung akan lebih baik bila dilakukan dalam rombongan atau tim. Dengan demikian bila nanti terjadi masalah selama pendakian akan ada yang saling membantu.

Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung

Sebelum anda memastikan untuk mendaki gunung, terlebih bila sebelumnya anda belum pernah atau belum terbiasa, maka sebaiknya persiapkan hal-hal penting berikut ini sebelum mendaki gunung:

1. Lakukan Pelatihan atau Kursus

Untuk anda yang masih tahap pemula, mendaki gunung mendaki gunung bisa masuk kedalam wisata yang berbahaya. Karena itu perlu dilakukan persiapan yang benar, bahkanm tidak ada salahnya bila anda terlebih dahulu latihan atau kursus dengan orang yang sudah ahli dalam mendaki gunung. Dengan demikian nanti ketika anda ada dilapangan atau di gunung, anda sudah siap dan tidak kaget.

2. Ketahui Jalur Mendaki

Untuk menghindari tersesat dalam melakukan pendakian, maka sangat penting untuk mengetahui dan mengusai jalur mendaki yang akan dilewati. Untuk itu anda bisa melihat jalur mendaki melalui peta ataupun bisa juga dengan persiapan lainya yang telah disediakan oleh pihak panitia.

Namun untuk menjaga keamanan agar lebih baik lagi bila saat perjalanan mendaki nanti anda dan rombongan didampingi oleh seorang instuktur yang telah mengusai benar jalur pendakian tersebut.

3. Terus berlatih

Dibutuhkan kemampuan fisik yang hebat serta pengalaman untuk bisa sampai ke puncak gunung. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk terus berlatih dan mencoba untuk mendaki.

4. Cari Pemimpin yang Baik

Salah satu faktor penting keberhasilan dalam mendaki gunung adalah pemimpin rombongan yang baik. Karena bila tanpa adanya pemimpin yang baik maka dikhawatirkan anda dan rombongan akan tersesat.

Untuk itu, pilihlah pemimpin yang sebelumnya sudah pernah melakukan pendakian dan memilki banyak pengalaman dan mengerti betul akan medan yang ingin dilewati.

5. Keamanan

Untuk mencegah dari hal yang tidak diinginkan, maka tidak ada salahnya bila anda membawa serta persiapan-persiapan penting dan waspada seperti paspor, asuransi, benda tajam dan alat keamanan lainya, sehingga perjalanan wisata naik gunung anda pun akan jauh lebih aman.

Mendaki gunung memang masuk dalam kategori wisata olahraga yang ekstrim dan berbahaya. Namun bila sebelum melakukan pendakian sudah dipersiapkan dengan benar maka mendaki gunung akan mudah dilakukan.

Selain kepuasan batin, mendaki gunung juga akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari mendaki gunung yang akan anda dapatkan diantaranya adalah membuat anda menjadi kreatif, lebih sehat, mengobati stres serta dapat membuat anda menbjadi merasa lebih bahagia.

loading...
Loading...
Persiapan Penting Sebelum Mendaki Gunung yang Harus Dilakukan | akbar | 4.5