Peran Penting Ayah Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Sangat penting bagi orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi anak sejak usia dini. Hal ini termasuk berbagi peran dalam pengasuhan. Tidak hanya ibu, peran seorang ayah juga sangat penting pada pengasuhan anak usia dini. Karena jika ayah tidak dekat dengan anak sejak anak balita, maka akan sulit bagi ayah untuk dapat memasuki kehidupan anak saat ia beranjak remaja, demikian sebagaimana yang disampaikan oleh psikolog Putu Andani dari Tiga Generasi mengingatkan.

Lalu, apa saja dampaknya bila ayah kurang berperan dalam pengasuhan anak usia dini?

Menurut psikolog Putu Andani dari Tiga Generasi sebagaimana yang dikutip dari Liputan6.com, salah satu dampak yang seringkali timbul ketika ayah kurang berperan dalam pengasuhan balita adalah rentannya fondasi hubungan emosinal ayah dengan balita. Memang ini mungkin belum berdampak ketika anak berada diusia dini tapi dampaknya akan terasa jika anak menginjak usia remaja kelak. Karena ketika hubungan ayah dan anak tidak terlalu dekat pada masa balita, ayah akan menjadi sangat sulit untuk masuk ke dalam kehidupan anak pada usia remaja.

Salah satu dampak dari kurangnya peran ayah dalam perkembangan anak usia dini selain rentannya fondasi hubungan ayah dengan anak adalah kebingungan anak mengenai peran gendernya sendiri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peran ayah sangat penting bagi anak untuk mengobservasi dan memahami apa saja perannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai laki-laki atau seorang perempuan. Nah ketika ayah kurang berinteraksi dengan anak maka ada kemungkinan setelah usia remaja anak akan mengalami kebingungan mengenai perannya sebagai laki-laki atau perempuan.

loading...
Loading...
Peran Penting Ayah Terhadap Perkembangan Psikologi Anak | akbar | 4.5