Penyebab Suara Knalpot Motor Nembak

Risih rasanya punya motor yang sering mengeluarkan suara batuk “jederrr” seperti orang nembak. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman, kejadian ini paling sering muncul pada motor Yamaha Mio. Walau pun pada motor lain bukan tidak mungkin juga bisa keluar suara seperti nembak tersebut. Lantas, apa sebenarnya penyebab suara knalpot motor seperti itu?

Penyebab Suara Knalpot Motor Sering Nembak atau Batuk-batuk

Campuran udara beserta bahan bakar yang tidak seluruhnya terbakar oleh busi bisa menyebabkan suara letupan yang diakibatkan oleh after burn, alias pembakaran kedua. After burn ini meletup setelah gas segar yang tidak terbakar berhasil lari keluar knalpot.

Suara letupan yang keluar dari knalpot bisa disebabkan oleh kerusakan pada penyuplai udara bersih ke ruang pembakaran. Sebagai contohnya adalah air screw karburator yang sudah aus atau setelan karburator yang kurang optimal.

Penyebab suara letupan knalpot yang lain juga bisa karena kondisi busi yang sudah tidak layak. Elektroda busi yang sudah kotor karena diselimuti oleh kerak sisa pembakaran atau basah terkena air juga bisa menyebabkan percikan api yang tidak stabil. Dengan demikian knalpot pun bisa mengeluarkan suara “nembak”.

Packing knalpot yang rusak dan mur pengikat yang kurang kencang juga merupakan salah satu penyebab knalpot nembak lainnya. Hal ini akan menyebabkan kebocoran pada bagian gas buang sehingga membuatnya meletup.

Untuk cara mengatasi packing knalpot yang bocor, tentu harus diganti. Komponen kecil ini cukup murah dan cara memasangnya pun cukup simpel. Silahkan buka leher knalpot dan pasang packing knalpot di tempatnya, yaitu sela antara leher knalpot dan header. Namun kalau mau lebih kuat, anda bisa melapisi terlebih dahulu packing knalpotnya dengan sealant.

loading...
Loading...
Penyebab Suara Knalpot Motor Nembak | akbar | 4.5