Penyebab, Solusi Pencegahan dan Cara Mengobati Wasir

Dikutip dari laman Wikipedia, bahwa wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Memiliki masalah dengan wasir selain menyakitkan juga cukup menganggu serta dapat membuat merasa malu. Pasalnya, orang yang terkena wasir maka tidak akan bisa duduk terlalu lama karena ada rasa tidak nyaman di bagian pantatnya.

Penyebab Wasir

Penyebab terjadinya wasir adalah karena adanya pembengkakan vena pada kanal anus, yang disebabkan oleh tekanan besar pada vena di daerah pelvis dan rektum. Pembengkakan vena bisa terjadi pada bagian dalam kanal anus (wasir internal) atau dekat pembukaan dubur (wasir eksternal). Hampir semua orang pernah mengalami wasir dalam hidupnya, tanpa mereka sadari.

Biasanya jaringan di sekitar anus berisi darah demi membantu proses BAB. Jika Anda mengejan terlalu keras karena konstipasi, atau duduk terlalu lama pada kloset karena diare, dapat menyebabkan jaringan sekitar anus membengkak. Wanita hamil sering menderita wasir karena bertambahnya tekanan pada pembuluh darah pada daerah pelvis. Apabila masalah wasir saat hamil tidak segera ditangani, dapat memburuk saat proses kelahiran nanti, demikian sebagaimana dilansir laman 1health.id.

loading...

Solusi Cara mencegah dan Cara Mengobati Wasir

Saat ini sudah ada banyak obat wasir yang dijual bebas yang bisa mengurangi rasa sakit akibat wasir. namun bila anda tidak biasa minum obat, maka anda bisa mencoba beberapa jenis terapi alami untuk mengurangi nyeri wasir, diantaranya:

  1. Rendam bagian bokong Anda dalam air hangat (45 derajat C) selama 10 sampai 15 menit sebanyak dua sampai tiga kali sehari.
  2. Selalu menjaga kebersihan daerah dubur Anda.
  3. Jangan gunakan tisu kering apabila tidak ada air. Disarankan untuk menggunakan tisu basah yang bebas alkohol atau parfum.
  4. Kurangi bengkak pada anus dengan menggunakan kompres es.
  5. Agar Anda tidak perlu mengejan saat BAB, perbanyak konsumsi serat Anda.

Tidak selalu bahwa bila ada darah yang keluar saat BAB berarti anda terkena wasir. Karena darah yang keluar saat BAB juga bisa menjadi tanda dari adanya masalah dengan pencernaan. Karena itu anda disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter apabila ada tanda-tanda darah saat BAB.

Untuk anda yang menderita anemia maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila ada tanda wasir, hal ini bertujuan untuk mencegah kekurangan sel darah merah. Meski jarang terjadi, namun komplikasi yang dapat timbul dari wasir yang tidak diobati dengan benar adalah penyumbatan darah yang menyebabkan matinya jaringan pada anus sehingga terjadi gangrene (jaringan membusuk).

loading...
Loading...
Penyebab, Solusi Pencegahan dan Cara Mengobati Wasir | akbar | 4.5