Penyebab Sering Bangun Tengah Malam

Malam hari adalah waktu tidur yang paling baik untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian digunakan untuk beraktivitas. Namun gangguan tidur seringkali muncul tanpa diharapkan. Salah satu masalah yang sering dialami mungkin adalah terbangun dari tidur di malam hari.

Bila anda terbiasa bangun tengah malam tanpa diharapkan, maka hal itu tidak boleh diabaikan. Anda harus cari tahu apa penyebab sering terbangun di malam hari yang biasa terjadi pada anda tersebut. Karena terbangun dari tidur di tengah malam hari bisa mengganggu kualitas tidur. Sebagai akibatnya bisa jadi anda akan bangun kesiangan, masih merasa mengantuk hingga pada akhirnya akan mengganggu aktivitas.

Sering terbangun di malam hari bisa mengganggu kualitas tidur yang pada akhirnya akan membuat aktivitas harian menjadi terganggu. Karena itu, untuk mencegah sering bangun tidur di tengah malam anda harus mencari tahu apa penyebabnya.

Penyebab Sering Terbangun dari Tidur Saat Tengah Malam

Laman Care2 menyebutkan ada sejumlah kemungkinan penyebab seseorang sering terbangun di malam hari. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Suhu kamar terlalu dingin

Ruangan terlalu dingin akan memudahkan anda terbangun tengah malam. Karena itu ada baiknya bila anda memakai AC saat tidur, aturlah suhunya di atas 25 derajat.

2. Lapar

Tanpa perduli waktu, rasa lapar bisa muncul kapan saja, termasuk saat tengah malam. Karena itu anda perlu memperhatikan ulang jadwal makan malam anda. Jangan sampai anda terlambat atau bahkan lupa tidak makan malam.

3. Stres

Stres selain bisa menyebabkan seseorang sulit tidur juga bisa menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak. Hal inilah yang pada akhirnya membuat mereka sering terbangun tengah malam dan sulit tidur lagi.

4. Lampu terlalu terang

Beberapa orang bisa tidur lebih nyaman saat mendapati kamar tidur dengan lampu menyala. Namun ada juga yang menjadi terganggu karena cahaya tersebut. Karena itu, atur cahaya kamar yang sekiranya dapat membuat anda nyaman dan tidur menjadi lebih nyenyak.

5. Tidur siang terlalu lama

Tidur di siang hari bisa membantu mengembalikan kebugaran tubuh. Namun seringkali pula hal itu menyebabkan seseorang mengalami insomnia atau kesulitan tidur di malam hari. Karena itu, bila anda ingin mengambil tidur siang, maka idealnya adalah hanya satu jam sekira pukul 13.00-15.00.

Itulah beberapa kemungkinan yang jadi penyebab anda sering terbangun tengah malam saat tidur di malam hari. Dengan mengetahui apa sebenarnya penyebab anda sering bangun di tengah malam, hal ini sekaligus bisa membantu bagaimana caranya untuk mencegah dari sering terbangun tengah malam saat tidur.

loading...
Loading...
cara buang angin kopling mobil, kamera yang sering dipakai di inbox

Penyebab Sering Bangun Tengah Malam | akbar | 4.5