Penyebab Sakit Hernia yang Harus Pria Ketahui

Hernia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi saat ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat lewat otot atau kondisi celah jaringan di sekitarnya yang melemah. Biasanya otot kita cukup kuat untuk menahan organ-organ tubuh sehingga tetap di lokasinya masing-masing. Melemahnya otot tersebut dapat mengakibatkan hernia.

Penyebab Hernia

Ada banyak penyebab hernia dan kita, kaum pria sudah seharusnya untuk mengetahui apa saja penyebab hernia agar kita bisa mencegah penyakit hernia ini. Salah satu penyebab hernia adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas merupakan faktor penting yang bertanggung jawab untuk hernia. Melemahnya jaringan otot, sirkulasi darah yang buruk dan kurang olahraga dapat menyebabkan hernia. Berat badan yang berlebihan memberikan tekanan pada otot dan merupakan penyebab utama untuk hernia.

Angkat berat juga memberikan kontributor penting untuk pengembangan hernia. Karena itu orang-orang yang sering mengangkat beban berat harus belajar mekanika tubuh yang baik dan memakai dukungan yang tepat untuk menghindari menempatkan tekanan berlebihan pada otot internal yang lemah. Selalu pakai kaki anda dan bukan otot punggung anda ketika mengangkat, jika memang diperlukan lutut ditekuk.

Batuk keras, pukulan tajam ke perut, pakaian ketat dan postur tubuh yang buruk juga dapat mengakibatkan perkembangan masalah ini.

Latihan fisik yang menempatkan tekanan pada perut, bersalin, mengejan saat buang air besar karena sembelit, mengejan saat buang air kecil karena pembesaran prostat juga bisa menyebabkan hernia.

Tanda-tanda Awal Orang yang Mengalami Sakit Hernia

Kebanyakan hernia muncul dalam bentuk pembengkakan tanpa rasa sakit dengan beberapa ketidaknyamanan. Namun, mereka juga dapat menyebabkan rasa sakit, yang cenderung memburuk ketika seseorang berdiri atau mengangkat barang-barang berat.

Seseorang yang menderita sakit hernia biasanya bisa diketahui dengan gejala atau tanda yang muncul. Sebagaimana yang dikutip dari laman Healthmeup, beberapa tanda awal dari hernia atau gejala hernia adalah seperti berikut ini:

Munculnya pembengkakan di daerah perut, semacam benjolan kecil.

Hernia bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Misalnya saja penderita mengalami sembelit, sakit perut, sulit mencerna makanan, dan lainnya.

Rasa sakit atau perih yang dirasakan tidak wajar di perut bisa menjadi salah satu pertanda atau gejala awal dari hernia.

Ada beberapa bagian saraf tubuh yang terhubung dengan hernia, akan merasa perih juga. Contohnya dalam kasus sakit hernia inguinalis. Orang yang menderita jenis hernia ini akan merasa nyeri saraf kaki, dan skrotum bagi pria. Untuk wanita yang nyeri adalah saraf labia.

Pada hernia jenis inguinalis dan femoralis biasanya menimbulkan gejala rasa sakit di selangkangan.

Cara Mengobati Hernia

Untuk mengobati hernia, salah satu metode yang sering dilakukan adalah dengan cara operasi atau pembedahan. Operasi hernia bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pembedahan terbuka dan operasi laparoskopi.

Selain dengan cara operasi, untuk mengatasi hernia juga bisa dilakukan dengan menggunakan metode yang alami untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan pembengkakan yang terjadi. Diantaranya adalah dengan memperbanyak konsumsi air, buah-buahan, sayuran hijau dan susu.

loading...
Loading...
pengembang tahu, kesehatan dan larangan perut, macam macam bentuk perut, pengembang tahu alami

Penyebab Sakit Hernia yang Harus Pria Ketahui | akbar | 4.5