Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak

Saat anda merasakan bahwa pedal rem bergetar saat diinjak, maka itu mengindikasikan bahwa ada komponen rem yang bermasalah dan memang harus diganti.

Anda perlu waspada saat mendapati pedal rem bergetar saat diinjak. Karena pada kasus tertentu, pedal naik-turun sewaktu diinjak. Selain membuat tidak nyaman, namun hal itu juga membahayakan keselamatan.

Bergetarnya pedal mengindikasikan adanya permukaan disc brake tidak rata. Ketika kanvas rem menjepit cakram, impitan ke komponen ini tidak merata. Inilah yang memicu terjadinya getaran yang terasa sampai ke pedal.

Kondisi ini juga bisa mengakibatkan fungsi rem untuk menghentikan laju kendaraan menjadi berkurang.

Pada umumnya tidak ratanya permukaan disc brake terjadi karena kurangnya perawatan. Seharusnya, pemeriksaan dan pembersihan cakram dilakukan setiap 10 ribu kilometer. Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran yang menempel. Karena bila tidak dibersihkan secara rutin, maka kotoran yang kasar atau keras sangat potensial bisa menggores permukaan disc brake saat dijepit oleh kanvas rem.

Bila disc brake yang sudah bergelombang dibiarkan bisa menyebabkan kanvas rem cepat aus.

Namun, jika disc brake masih tebal, gejala bergetar bisa diatasi dengan cara melakukan pembubutan hingga rata. Namun demikian, akan lebih baik lagi jika diganti dengan yang baru.

Penyebab munculnya getaran di pedal rem saat diinjak juga bisa karena kanvas rem yang kurang bagus. Untuk penyebab yang satu ini, maka pastikan bahwa kanvas yang digunakan adalah kanvas yang orisinal. Demikian sebagaimana yang dkutip dariOkezone.

loading...
Loading...
apa slusi pedal rem naik turu waktu di rem

Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak | akbar | 4.5