Penyebab Mesin Motor Sering Mati dan Tips Aman Saat Melintasi Rel Kereta Api

Kecelakaan di perlintasan rel kereta api sudah sering kita dengar. Kecelakaan di perlintasan kereta api ini seringkali memakan korban jiwa.

Penyebab kecelakaan biasanya adalah akibat dari pengendara yang kurang berhati-hati saat melintasi rel. Tidak sedikit yang karena tidak sabaran sehingga bahkan saat pintu rel sudah ditutup pun masih juga melintas, padahal kereta sudah dekat. Apesnya lagi, terkadang saat berada di tengah perlintasan mesin motor tiba-tiba mati dan susah untuk dinyalakan kembali.

Penyebab Mesin Motor Sering Mati dan Tips Aman Saat Melintasi Rel Kereta Api

Mengapa mesin kendaraan bermotor suka mati dan sulit dihidupkan kembali ketika berada di perlintasan rel?

Sebenarnya, penyebab mesin motor mogok saat berada di perlintasan rel kereta adalah karena disebabkan oleh adanya arus listrik dan medan magnet pada rel kereta yang timbul akibat gesekan antara roda kereta dengan relnya.

Nah, arus listrik dan medan magnet tersebut juga mempengaruhi kinerja dinamo starter pada kendaraan, akibatnya mesin motor jadi sulit untuk dihidupkan kembali.

Tips Aman Saat Melintasi Rel Kereta Api

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar mesin motor tidak mati dan anda pun bisa selamat saat melintasi rel kereta.

1. Berhentilah bila lampu merah atau sirine menyala di palang pintu perlintasan sebagai pertanda kereta akan lewat. Berhentilah dibelakang palang pintu perlintasan atau garis yang sudah ditentukan.

2. Bila tidak ada palang pintu kereta api, sebelum melintasi rel kereta api, pastikan tengok kanan-kiri. Apakah ada kereta terlihat atau tidak. Bila tidak ada maka anda bisa melintasi rel kereta untuk melanjutkan perjalanan.

3. Kereta api bisa berjalan dengan kecepatan mencapai 100 km per jam. Karena itu, walau keretanya belum terlihat ketika palang pintu perlintasan sudah ditutup, ada baiknya bila anda menunggu sampai keretanya benar-benar sudah lewat.

4. Bila memang anda terpaksa harus menyebrang, karena terburu-buru atau ada hal penting misalnya, sementara palang pintu perlintasan sudah ditutup, maka menyebranglah sambil menekan klakson berkali-kali. Hal tersebut juga perlu anda lakukan apabila ternyata motor anda sudah terlanjur mogok di perlintasan kereta. Menekan klakson berkali-kalisaat motor mogok di perlinatasan rel kereta bisa mengurangi efek arus listrik dan medan magnet yang mengganggu terhadap dinamo starter pada motor.

Demikian tips aman melintasi rel kereta api. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Penyebab Mesin Motor Sering Mati dan Tips Aman Saat Melintasi Rel Kereta Api | akbar | 4.5