Penyebab Kenapa Kaki Mengeluarkan Bau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

Halaman: 1 2

Bau kaki sering membuat seseorang menjadi merasa kurang percaya diri, terutama bila harus melepas sepatu. Bau kaki biasanya akan muncul setelah seseorang memakai sepatu.

Tidak jarang penyebab bau kaki adalah karena kurangnya menjaga kebersihan sepatu, dalam hal ini adalah sepatu jarang dicuci sehingga banyak kuman dan bakteri yang bersarang di sepatu. Namun bisa juga bau kaki karena penyebab lainnya.

Penyebab Kaki Mengeluarkan Bau yang Tidak Sedap

Penyebab utama bau kaki biasanya adalah karena keringat. Meski keringat sendiri pada dasarknya tidak berbau, namun akan menciptakan lingkungan yang memungkinkan pertumbuhan bakteri sehingga menyebabkan bau kaki, terutama bila sepatu yang dipakai jarang dibersihkan.

Pada setiap kaki manusia terdapat 250 ribu kelenjar keringat dan menghasilkan setidaknya secangkir atau 500 mililiter (ml) air keringat setiap hari, demikian menurut Dr Rosemary Lester yang merupakan kepala petugas kesehatan di Rumah Sakit Victoria.

“Keringat berlebihan di kaki yang bercampur dengan bakteri akan menyebabkan bau kaki tak sedap,” ujar Lester, sebagaimana dilansir laman Body and Soul.

loading...
Loading...
foto kaki di perban, Kaki di perban

Penyebab Kenapa Kaki Mengeluarkan Bau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya | akbar | 4.5