Penyebab Keluar Banyak Keringat Saat Malam Hari

Malam hari udara memiliki suhu yang lebih rendah bila dibanding siang hari. Karena itu udara malam hari terasa lebih dingin daripada siang hari. Umumnya tubuh tidak akan berkeringat bila udara sekitar terasa dingin. Namun adakalanya seseorang banyak keluar keringat saat malam hari. Normalkah itu?

Berkeringat adalah reaksi tubuh sebagai usaha untuk mendinginkan. Tak jarang beberapa kejadian tidak biasa muncul saat akan tidur. Misalnya tubuh merasa gerah dan kepanasan hingga mengeluarkan keringat. Bahkan tidak jarang meski sudah menghidupkan kipas angin atau AC tubuh tetap saj berkeringat.

Terkadang berkeringat di malam hari masih bisa ditolerir dan itu adalah hal yang normal. Namun bila keluarnya keringat terjadi terus menerus setiap malam dan dirasa keringat sudah mulai mengganggu tidur anda, semisal hingga membasahi baju, maka anda perlu mewaspadai hal tersebut dan ada baiknya segera ke dokter.

Penyebab Banyak Keluar Keringat Berlebih Saat Malam Hari

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat di malam hari. Namun untuk memastikan apa penyebabnya, perlu dilihat bagaimana riwayat medis kita. Beberapa kemungkinan yang bisa jadi penyebab banyak keluar keringat saat malam hari diantaranya:

1. Makanan atau minuman tertentu

Makanan pedas, minuman panas atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol bisamembuat kita berkeringat.

2. Menopouse

Rasa panas yang tiba-tiba saja menyerang termasuk pada malam hari, besar kemungkinan bermula dari proses menopouse pada wanita. Ini adalah hal yang lumrah terjadi.

3. Hiperhidrosis idiopatik

Ini adalah kondisi ketika tubuh secara kronis memproduksi terlalu banyak keringat tanpa penyebab medis yang bisa dikenali.

4. Infeksi

Infeksi seperti Tubercolusis adalah yang paling sering dihubungkan dengan keringat di malam hari. Namun infeksi bakteri, sepeti endokarditis atau peradangan di katup jantung juga bisa memicu keringat. Atau bisa juga osteomyelitis atau peradangan di tulang dan abses yang bisa menyebabkan munculnya keringat di malam hari. Keringat juga merupakan gejala dari infeksi HIV.

5. Kanker

Keringat di malam hari bisa juga merupakan pertanda awal masalah kanker pada. Umumnya pada kasus limfoma. Namun biasanya orang yang didiagnosa dengan kanker juga menunjukkan gejala lain seperti bert badan turun atau demam.

6. Pengobatan

Jika Anda sedang mengonsumsi obat antidepresan besar kemungkinan dari sinilah muncul keringat berlebih itu. Antidepresan atau obat untuk pengendali depresi terbukti pada 8-2 persen penggunanya memang menimbulkan keringat berlebih. Ada pula obat jenis lain yang juga berefek pada munculnya keringat meski tidak terlalu banyak. Yakni aspirin dan acetaminophen.

7. Hipoglikemi

Hipoglikemi atau kadar gula darah rendah juga bisa memicu munculnya keringat. Pada mereka pengidap diabetes yang menggunakan insulin atau obat diabetes oral, bekeringat saat malam besar kemungkinan adalah pertanda gula darah mereka sedang rendah. Biasanya dalam kondisi ini yang muncul adalah keringat dingin.

8. Kelainan hormonal

Perasaann panas atau berkeringat berat saat mungkin juga terjadi karena beberapa kelainan hormonal. Termasuk pheochromocytoma, sindroma karsinoid dan hipertiroidisme.

9. Kondisi neurologik

Meski tak umum, kondisi neurologik termasuk disrefleksia autonomik, posttraumatik syringomelyelia, stroke dan autonomik neuropathy mungkin menyebabkan keringat berlebih.

10. Keringat dingin

Keringat dingin memang bukan masalah medis, tapi bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lain pula, seperti cedera serius yang mengakibatkan rasa nyeri, shock, serangan jantung, sesak nafas.

11. Hipoglikemia

Kadar gula darah yang rendah sering dijumpai pada penderita diabetes yang mengkonsumsi insulin atau obat anti-diabetes-oral.

11. Demam

Ketika suhu badan naik dan akan kembali ke normal, bisa disertai dengan keringat berlebihan.

12. Hipertiroidisme

Kadang kelenjar tiroid mengeluarkan sejumlah besar hormon tiroksin. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan, denyut jantung yang cepat atau tidak teratur, gelisah.

13. Tuberkolosis

Sebagai salah satu gejala tuberkolosis adalah berkeringat di malam hari. Ini terjadi karena penderita TBC biasanya mengalami demam pada malam hari sehingga menyebabkan keluar keringat.

Itulah beberapa kemungkinan yang jadi penyebab anda mengeluarkan banyak keringat di malam hari. Beberapa diantaranya adalah hal yang normal dan beberapa lainnya perlu diwaspadai. Bila anda merasa tidak yakin dengan apa penyebab banyak keluar keringat di malam hari yang anda alami, maka sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan tim medis untuk mendapatkan jawaban mengenai masalah keringat di malam hari.

loading...
Loading...
arti lalat masuk pada malam hari, cara mengatasi keringat dingin secara alami, lalat malam hari pertanda, bahaya buah kuini, ular dedor, manfaat jus kuini, obat tradisional untuk keringat dingin, obat herbal keringat dingin, makan oatmeal malam hari, manfaat jus kueni, pertanda tidak bisa tidur, saat berkeringat kipas, malam tidur berpeluh walau guna kipas, malam hari pakai ac tapi tetep keringetsn, Keringat gerah, keringat dingin malam hari, kenapa kita merasa gerah saat malem hari atau saat mau tidur, gidur dimalam hari berkeringat padahal kena kipas, waktu hujan dan hari dingin keluar keringat kenapa ya?

Penyebab Keluar Banyak Keringat Saat Malam Hari | akbar | 4.5