Penyebab Ibu Hamil Sering Mengalami Mual dan Muntah di Pagi Hari

Perasaan mual dan ingin muntah biasa dialami oleh ibu hamil di pagi hari. Terutama adalah ibu yang sedang dalam masa trimester pertama kehamilan. Hal ini sebenarnya wajar dan umum terjadi. Namun bila terus dibiarkan, rasa mual dan muntah ini terasa sangat menyakitkan dan bahkan tidak jarang membuat para ibu hamil lemas.

Penyebab Ibu Hamil Sering Mengalami Morning Sickness atau Mual dan Muntah di Pagi Hari

Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa ibu hamil muda sering mengalami mual dan muntah di pagi hari. Diantara kemungkinannya adalah seperti berikut ini sebagaimana yang dikutip dari laman Baby Center:

1. Human chorionic gonadotropin (hCG)

Hormon hCG ini akan meningkat cepat selama awal kehamilan. Meski tidak diketahui bagaimana hCG berkontribusi untuk mual, namun ini merupakan penyebab utama mual dan muntah, karena waktu yang tepat.

loading...

Mual cenderung memuncak di sekitar waktu yang sama seperti tingkat hCG. Apalagi lagi, kondisi di mana wanita memiliki tingkat yang lebih tinggi dari hCG, memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami mual dan muntah.

2. Estrogen

Hormon estrogen pada wanita juga meningkat cepat pada awal masa kehamilan. Hormon estrogen juga merupakan penyebab mual dan muntah (bersama dengan hormon lain).

3. Kepekaan terhadap bau

Ibu yang sedang hamil juga bisa mengalami peningkatan kepekaan terhadap bau. Beberapa jenis aroma tertentu bisa langsung memicu refleks muntah.

Beberapa peneliti berpikir hal ini mungkin karena akibat dari tingkat dari hormon estrogen yang lebih tinggi, namun belum diketahui secara pasti.

4. Lambung yang sensitif

Pada awal kehamilan juga memicu saluran pencernaan yang lebih sensitif terhadap perubahan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ibu yang sedang hamil memiliki bakteri perut yang disebut helicobacter pylori lebih mungkin mengalami mual dan muntah.

5. Stres

Perasaan mual dan ingin muntaj juga bisa terjadi sebagai respon abnormal terhadap stres. Demikian menurut beberapa peneliti mengenai efek dari tingkat psikologis yang membuat cenderung merasa mual dan muntah selama kehamilan. Meski demikian, belum ada bukti untuk mendukung teori ini.

Cara Mengatasi Mual dan Muntah atau Morning Sickness pada Ibu Hamil Muda

Meski mual dan muntah adalah hal yang biasa dialami oleh ibu hamil, namun tentu saja hal ini tidak boleh terus dibiarkan. Karena perasaan tidak nyaman dan cenderung menyakitkan dari rasa mual dan muntah bisa membuat ibu hamil menjadi stres. Hal ini tidak baik untuk ibu hamil dan juga janin yang sedang dikandung karena ibu hamil selain harus menjaga kondisi fisik juga harus menjaga kesetabilan psikisnya.

Bila mungkin anda biasa mengalami mual dan muntah di pagi hari atau yang biasa dikenal dengan istilah morning sickness, maka anda perlu melakukan beberapa tindakan. Misalnya saja dengan mengonsumsi ramuan alami untuk mengatasi morning sickness seperti minum teh herbal atau wedang jahe untuk mengatasi mual di pagi hari. Anda mungkin perlu mencoba beberapa cara mengatasi mual dan muntah di pagi hari, misalnya dengan mengubah pola dan kebiasaan makan.

loading...
Loading...
Penyebab Ibu Hamil Sering Mengalami Mual dan Muntah di Pagi Hari | akbar | 4.5