Penyebab Haid Tidak Lancar

Cara mengetahui subur atau tidak subur seorang wanita bisa dilihat dari siklus haid atau menstruasinya. Sementara untuk mengetahui subur atau tidak pada pria bisa dilakukan dengan cara melakukan analisis sperma. Lalu, apakah cukup hanya seperti itu saja untuk membuat seseorang dikatakan subur?

Seperti yang dikatakan oleh dr. Inneke Sirowanto, S.pOG, spesialis kebidanan & kandungan saat diwawancara secara eksklusif oleh Okezone di RS Awal Bros, Tangerang, Rabu 19 September 2012, bahwa siklus menstruasi pada wanita memang sering jadi tolak umum untuk melihat kesuburan wanita tersebut. Namun, itu tidak menjadi jaminan wanita tersebut memang subur.

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Inneke, bahwa siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Ada yang siklus menstruasinya pendek dan panjang. Untuk range normal siklus menstruasi wanita adalah 21-35 hari. Jika ternyata ada gangguan pada siklus tersebut, mungkin sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan.

Terkadang siklus haid memang tidak sesuai atau tidak lancar, hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas fisik, kelelahan, atau mengidap penyakit tertentu seperti tiroid atau kanker otak, dan pemakaian obat-obatan tertentu yang memang mengganggu siklus. Berat badan juga biasanya berpengaruh dalam siklus menstruasi wanita.

loading...

loading...
Loading...
Penyebab Haid Tidak Lancar | chsa | 4.5