Penyebab Gigi Sering Ngilu

Gigi terasa ngilu sering kambuh saat makan makanan yang panas, dingin, dan mungkin juga asam. Gangguan pada gigi ini banyak dialami orang dimana penyebab gigi ngilu adalah karena tipisnya enamel dan terbukanya dentin atau sebuah lapisan yang ada di bawah enamel.

Biasanya gigi ngilu sering dirasakan oleh orang dengan usia antara 20 hingga 50 tahun dan paling sering gigi ngilu diderita oleh kaum wanita. Salah satu penyebab gigi ngilu adalah karena kebiasaan menggosok gigi terlalu keras, apalagi bila sampai keluar darah saat menggsoknya.

Penyebab gigi ngilu juga bisa karena adanya penumpukan sisa makanan di bagian pertemuan antara gigi. Karena di bagian tersebut termasuk sulit dijangkau oleh sikat gigi sehingga sisa makanan akan menempel terus dan lama kelamaan akan semakin banyak dan menekan ke bagian selah gigi.

Gigi ngilu sebenarnya hanya muncul sebentar, namun rasanya sangat tajam dan akan segera hilang. Walau gigi ngilu tidak berlangsung lama, namun hal ini tentunya sangat terasa mengganggu saat mengkosumsi makanan.

Untuk mengatasi masalah gigi ngilu, maka cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi ngilu adalah dengan menghindari makanan yang panas, terlalu dingin atau juga makanan yang asam. Selain itu, mengganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut bisa membantu meminimalisir penipis enamel akibat gesekan dengan bulu gigi.

Membersihkan sela-sela gigi dengan flossing atau benang gigi juga bisa menjadi solusi untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang sulit terjangkau oleh bulu sikat gigi yang pada akhirnya hal ini akan bermanfaat untuk menghindari anda dari masalah gigi nyeri dan ngilu saat mengonsumsi makanan atau minuman kesukaan anda.

loading...
Loading...
Penyebab Gigi Sering Ngilu | akbar | 4.5