Penyebab Gigi Sensitif yang Mengakibatkan Gigi Ngilu Saat Makan atau Minum

Gigi sensitif biasanya ditandai dengan rasa ngilu di gigi. Gigi ngilu tidak selalu muncul akibat dari gigi berlubang. Bisa jadi saat menenggak minuman dingin atau panas, mengunyah makanan manis atau asam, tiba-tiba gigi terasa ngilu.

Penyebab Gigi Sensitif

Penyebab gigi sering terasa ngilu saat terkena rangsangan suhu atau rasa ada banyak. Di antaranya karena terjadi abrasi pada leher gigi atau turunnya gusi (retraksi ginggiva) yang menyebabkan akar gigi terbuka. Gigi terabrasi atau gusi turun biasanya terjadi akibat dari tindakan kita sendiri yang kurang tepat. Misalnya adalah karena cara menggosok gigi yang tidak benar atau memakai sikat gigi yang terlalu keras bulunya.

Bisa juga gigi sensitif terjadi akibat dari terkikisnya email karena memakai pasta gigi yang mengandung bahan bersifat terlalu abrasif. Karena email tererosi, dentin menjadi terbuka, tidak terlindung. Akibatnya, gigi menjadi sensitif bila terkena rangsangan.

Selain itu, penyebab gigi sensitif juga bisa karena faktor usia. Usia tua bisa menyebabkan gigi sensitif, gara-gara retraksi (penurunan) gusi yang terjadi secara fisiologis. Gigi sensitif juga bisa terjadi setelah dilakukan scaling. Pada saat itu akar gigi terekspos, sehingga peka terhadap rangsangan. Namun, pada kasus ini biasanya rasa ngilu akan hilang dengan sendirinya begitu gusi menutup kembali.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Ketika gigi terasa ngilu saat anda menyentuh bagian leher gigi menggunakan ujung kuku, dan disitu terdapat cekungan yang cukup dalam, maka itu pertanda bahwa telah terjadi abrasi yang sudah cukup dalam. Ketika itulah saatnya anda untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan selanjutnya. Namun bila belum terdapat cekungan, anda bisa segera mengganti sikat gigi dengan yang lebih lunak. Selain itu, perbaiki juga teknik cara dalam menggosok gigi, dan juga sebaiknya gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Pada pasta gigi untuk gigi sensitif, biasa terkandung sodium monofluorofosfat atau strontium klorida. Menurut penelitian, kedua bahan itu akan membantu menutup pori-pori dentin yang terbuka sehingga melindungi jaringan saraf dari rangsangan suhu maupun rasa. Efeknya baru akan terasa setelah beberapa saat pemakaian, dan khasiatnya akan berakhir bila pemakaian dihentikan. Maka pemakaian teratur pasta gigi khusus untuk gigi sensitif ini sangat dianjurkan bagi anda yang mempunyai masalah dengan gigi sensitif.

Juga yang harus diperhatikan adalah untuk menghindair makanan yang bersifat asam, seperti minuman bersoda dan makanan masam. Karena kandungan asam akan turut meningkatkan suasana asam yang akan mengikis bahan pelindung yang menutup pori-pori dentin.

loading...
About these ads

Loading...
Penyebab Gigi Sensitif yang Mengakibatkan Gigi Ngilu Saat Makan atau Minum | akbar | 4.5