Penyebab Gigi Ngilu dan Terasa Nyeri

Pernah merasakan gigi ngilu saat makan?

Ya, gigi ngilu bisa muncul saat makan makanan manis atau bisa juga saat minum es. Kenikmatan menikmati makanan atau minuman pun hilang saat tiba-tiba gigi terasa nyeri.

Penyebab Gigi Ngilu atau Terasa Nyeri

Ada beberapa penyebab gigi terasa ngilu atau gigi sensitif. Pada umumnya penyebab gigi ngilu adalah disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi akan menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu.

Faktor lain yang juga bisa menjadi pemicu gigi ngilu adalah:

  • Adanya lubang pada gigi. Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang.
  • Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi.
  • Radang pada gusi (gingivitis).
  • Menyikat gigi terlalu kencang.
  • Penumpukan plak.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam.

Gigi yang terasa ngilu atau disebut juga dengan gigi sensitif akan mengakibatkan aktivitas sederhana sehari-hari anda seperti makan, minum, dan menyikat gigi menjadi sangat menyakitkan.

Untuk cara mengatasi gigi ngilu atau gigi terasa nyeri karena gigi sensitif yang pertama bisa anda lakukan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter gigi. Nantinya dokter akan mendeteksi penyebab dari gigi ngilu yang anda alami berdasarkan pemeriksaan, riwayat dan gejala yang anda sampaikan.

Selain itu, anda juga bisa coba mengganti pasta gigi yang biasa anda gunakan dengan pasta gigi untuk gigi sensitif. Karena saat ini sudah ada banyak pilihan pasta gigi yang diformulasikan untuk gigi sensitif yang bisa anda pilih dan coba untuk mengatasi masalah gigi ngilu atau nyeri.

loading...
Loading...
Penyebab Gigi Ngilu dan Terasa Nyeri | akbar | 4.5