Penyebab dari Kerusakan Pada Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring zat sisa metabolisme dan mengeluarkannya dalam bentuk urin. Ketika fungsi ginjal terganggu, maka yang terjadi adalah tubuh akan mengalamai keracunan akibat dari zat sisa atau sampah hasil metabolisme yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh.

Tidak hanya bekerja untuk menyaring darah dan menyingkirkan produk-produk limbah, fungsi ginjal juga adalah untuk menyeimbangkan tingkat kadar elektrolit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, serta menstimulasi produksi sel darah merah. Posisi ginjal dalam tubuh manusia adalah terletak di pinggang atas bagian belakang, biasanya satu di setiap sisi tulang belakang.

Penyakit gagal ginjal adalah kondisi dimana terjadi penurunan fungsi dari ginjal dan pada kondisi yang sudah parah ginjal benar-benar tidak dapat lagi melakukan tugasnya. Ketika hal itu terjadi maka darah akan mengalami keracunan.

Gejala gagal ginjal yang muncul dan dirasakan karena penumpukan produk limbah dalam tubuh adalah dapat menyebabkan tubuh merasa lemah, sesak napas, lesu, dan kebingungan. Sementara itu ketidakmampuan untuk menghapus kalium dari aliran darah dapat menyebabkan irama jantung menjadi tidak normal dan akibat yang paling buruk adalah kematian mendadak.

loading...

Adapun untuk cara diagnosis gagal ginjal biasanya dilakukan dengan tes darah untuk mengukur kadar urea dalam darah, kreatinin, dan laju filtrasi glomerulus (GFR).

Penyebab Gagal Ginjal

Penyebab gagal ginjal ada dua, dimana gagal ginjal bisa terjadi akibat dari suatu situasi akut atau berpangkal dari masalah yang kronis.

Dikutip dari Tempo.com, pada kondisi gagal ginjal akut, maka fungsi ginjal hilang dengan cepat. Daftar penyebab sering dikategorikan berdasarkan cedera yang terjadi. Penyebab prerenal terjadi karena penurunan suplai darah ke ginjal. Contoh penyebab prerenal pada gagal ginjal adalah hipovolemia (volume darah terlalu rendah) karena kehilangan darah; dehidrasi akibat kehilangan cairan tubuh (misalnya muntah, diare, berkeringat, demam); asupan cairan yang buruk; pengaruh obat, misalnya obat diuretik mungkin menyebabkan kehilangan air yang berlebihan; dan aliran darah yang abnormal ke dan dari ginjal karena penyumbatan arteri atau vena ginjal.

Adapun penyebab dari gagal ginjal yang lain adalah kerusakan langsung pada ginjal itu sendiri yang dijabarkan di bawah ini.

– Sepsis

Kondisi ini terjadi di mana sistem kekebalan tubuh kewalahan akibat infeksi dan menyebabkan peradangan serta penutupan dari ginjal. Hal ini biasanya tidak terjadi dengan infeksi saluran kemih.

– Obat

Beberapa obat memiliki sifat racun bagi ginjal, termasuk obat anti-inflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen. Beberapa obat lain juga memperberat kerja ginjal, termasuk antibiotik seperti aminoglikosida (gentamicin, garamycin, dan tobramycin), litium, dan obat beryodium yang disuntikkan untuk studi radiologi.

– Rhabdomyolysis

Adalah situasi di mana ada kerusakan otot yang signifikan dalam tubuh dan serat otot yang rusak menyumbat sistem penyaringan ginjal. Kondisi yang menyebabkan ini terjadi bisa karena trauma, luka parah, dan luka bakar. Rhabdomyolysis juga bisa terjadi akibat dari penggunaan obat untuk mengobati kolesterol tinggi.

– Glomerulonefritis

Glomerulonefritis akut atau peradangan dari glomeruli, sistim penyaringan dari ginjal. Peradangan ini bisa dikarenakan oleh banyak penyakit, termasuk lupus, granulomatosis Wegener, dan sindrom Goodpasture.

Gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis berkembang selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Penyebab paling umum dari penyakit ginjal kronis adalah terkait dengan diabetes yang kurang terkontrol; kurang terkontrolnya tekanan darah tinggi; glomerulonefritis kronis; batu ginjal; dan penyakit prostat.

Penyakit ginjal juga sering disebut sebagai silent killer karena sebelum terdiagnosis terkena gagal ginjal, kebanyakan orang tidak memiliki gejala. Bahkan mungkin jadi selama ini anda merasa baik-baik saja sampai pada ginjal anda telah hampir berhenti bekerja. Karena itu jangan menunggu sampai gejala penyakit gagal ginjal datang dan anda rasakan. Mulai sekarang juga, rawatlah organ ginjal anda!

loading...
Loading...
cra mngobati luka jari kena semen, mengatasi jari perih karena semen, Cara mencegah terjadinya luka jari tangan karena semen, Obat luka karena semen, cara mengobati luka kena air semen, mengatasi luka kena air semen, merawat luka karena terkena semen, obat luka dari semen, obat untuk luka terkena semen, luka kena semen, luka akibat pegang semen, abat untuk luka bakar karena semen, cara mengobati tangan yang terkena semen, cara mengobati tangan terkena semen, cara mengobati luka akibat semen, cara mengobati luka akibat luka semen, cara mengatasi tangan luka karena aduan semen, bagaimana cara mengobati kulit yg terluka karna semen, penyembuhan tangan luka kena semen

Penyebab dari Kerusakan Pada Fungsi Ginjal | akbar | 4.5