Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Saat Haid atau Menstruasi

Berbagai keluhan terkait masalah kesehatan sering dirasakan wanita yang sedang mengalami haid atau menstruasi. Beberapa keluhan gangguan kesehatan yang sering dialami wanita yang sedang haid seperti misalnya nyeri perut, mual, hingga sakit kepala. Sebenarnya kondisi ini wajar, namun gejala yang muncul tersebut masih bisa dikurangi dengan cara-cara alami. Misalnya pada sakit kepala yang sering dirasakan saat sedang haid.

Penyebab Sakit Kepala Saat Haid atau Menstruasi

Banyaknya hormon yang kadarnya terus berfluktuasi dalam tubuh wanita menjadikan wanita lebih sering mengalami sakit kepala. Pun demikian halnya saat sedang mengalami masa menstruasi.

Tingkat estrogen dalam tubuh wanita akan turun sangat rendah, tepat sebelum mengeluarkan darah menstruasi. Hal inilah yang menjadi pemicu serangan migrain atau sakit kepala saat menstruasi. Sakit kepala yang biasa dirasakan akan hilang saat selama masa kehamilan. Pasalnya, pada masa kehamilan kadar estrogen dan progesteron wanita akan selalu tinggi selama masa kehamilan.

Selain karena menurunnya kadar hormon estrogen, menstruasi juga menyebabkan retensi air dalam tubuh. Kondisi ini akan meningkatkan semua jenis rasa sakit dan nyeri, dan sakit kepala bukan merupakan pengecualian. Hal ini bisa menjadi alasan lain untuk sakit kepala berdenyut selama menstruasi berlangsung.

Cara Mengobati Sakt Kepala Saat Haid atau Menstruasi

Sakit kepala saat haid atau menstruasi bukanlah penyakit berbahaya yang perlu dikhawatirkan. Namun rasa sakit yang timbul seringkali terasa menjengkelkan karena membuat rasa tidak nyaman.

Selain minum obat pereda nyeri untuk menyembuhkan sakit kepala, beberapa cara alami juga bisa dilakukan auntuk menyembuhkan sakit kepala saat haid atau menstruasi. Berikut diantaranya yang bisa dicoba:

1. Makan makanan kaya estrogen

Satu atau dua hari sebelum wanita mulai pendarahan menstruasi, maka tingkat estrogen mulai menurun. Karena itu untuk menjaga hormon estrogen tetap stabil, konsumsilah makanan kaya estrogen, seperti udang dan jamur, beberapa hari sebelum datang masa haid atau menstruasi.

2. Anti-diuretik

Retensi air dalam tubuh adalah salah satu alasan yang mungkin memperburuk rasa sakit Anda. Karena itu sebisa mungkin untuk menghindari diuretik seperti garam dan konsumsi makanan anti-diuretik sebagai gantinya. Cara ini akan mengurangi retensi air dalam tubuh anda.

3. Minum cukup air

Kondisi sakit kepala yang anda rasakan akan semakin buruk bila tubuh mengalami dehidrasi. Karena itu sebisa mungkin untuk menghindari konsumsi kopi dan teh, dimana kedua jenis minuman ini sering dianggap bisa menyebabkan dehidrasi. Akan lebih baik bila anda memilih untuk lebih banyak minum air putih dan cairan untuk menjaga diri tetap terhidrasi.

Itulah sedikit informasi mengenai penyebab sakit kepala saat haid atau menstruasi serta bagaimana cara mengobati dan menyembuhkan sakit kepala yang sering dirasakan saat sedang haid atau menstruasi.

Sakit kepala saat haid dan menstruasi memang bukan penyakit berbahaya yang perlu dikhawatirkan, dan itu bahkan adalah hal yang normal dan biasa terjadi. Namun rasa sakit yang ditimbulkan tersebut akan terasa sangat mengganggu karena membuat tubuh merasa tidak nyaman. Jadi, kalau bisa disembuhkan kenapa tidak?

loading...
Loading...
pusing kepala saat haid, penyebab sakit kepala ketika haid

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Saat Haid atau Menstruasi | akbar | 4.5