Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Radang Tenggorokan

Mengalami sakit radang tenggorokan tentulah tidak menyenangkan. Seperti namanya, radang tenggorokan menyebabkan rasa tidak nyaman pada daerah tenggorokan. Ketika radang tenggorokan menyerang, maka akan ada rasa tidak nyaman saat menelan sesuatu sehingga mau makan ataupun minum menjadi tidak lagi menyenangkan.

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab sakit radang tenggorokan sendiri sebanarnya ada banyak. Namun setidaknya ada tiga jenis penyebab radang tenggorokan yang sering dialami, diantaranya:

1. Infeksi
Infeksi terjadi akibat dari adanya kontaminasi bakteri dan virus yang biasanya juga merupakan penyebab influenza. Pada kondisi ini penderita biasanya penderita juga akan mengalami demam.

2. Alergi
Pada seseorang yang alergi terhadap debu, makanan, udara, dan polusi, hal ini juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Pada radang tenggorokan yang diakibatkan oleh alergi, biasa tidak akan disertai dengan demam pada penderitanya.

3. Iritasi
Radang tenggorokan juga bisa disebabkan karena adanya iritasi akibat makana. Mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin juga bisa memicu terjadinya radang tenggorokan. Iritasi juga bisa terjadi karena asam lambung naik hingga tenggorok sehingga memicu radang.

Cara Mencegah Radang Tenggorokan

Sakit radang tenggorokan menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan menelan, tenggorokan terasa sakit, dan bahkan juga bisa mengalami demam. Untuk mencegah radang tenggorokan, selian dengan menghindari penyebab dari sakit radang tenggorokan itu sendiri, juga bisa dilakukan dengan beberapa hal lain sebagaimana yang dikutip dari laman Webmd berikut ini.

1. Radang tenggorokan bisa menular, karena itu sebisa mungkin untuk mengjindari kontak dengan seseorang yang memiliki infeksi radang tenggorokan.

2. Cucilah tangan anda secara teratur ketika sedang berada di sekitar orang-orang yang sedang pilek atau atau sedang terkena penyakit akibat virus dan bakteri. Selain itu jangan saling meminjamkan sikat gigi, peralatan makan, dan minuman Anda dengan orang lain.

3. Bakteri juga bisa hidup sebentar di gagang pintu, kran air, atau pada benda-benda lainnya. Jika Anda menyentuh sebuah objek yang terinfeksi virus atau bakteri lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut, maka Anda dapat terinfeksi. Jadi coba lebih rajin untuk mencuci tangan atau siapkan selalu hand sanitizer dalam tas Anda.

4. Lakukan diet yang baik, banyak tidur, dan olahraga yang teratur untuk menjaga daya tahan tubuh.

5. Kelola stres. Stres bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup yang baik dan selalu berpikir positif. Selain itu stres juga bisa dicegah dengan konsumsi makanan pencegah stres.

6. Berhenti merokok dan hindari menghirup asapnya. Karena rokok bisa mengiritasi jaringan tenggorokan dan bisa membuat anda menjadi lebih rentan terinfeksi radang tenggorokan. Selain itu bahaya merokok juga sangat tidak baik bagi kesehatan orang di sekitar anda.

Itulah beberapa penyebab dan juga bagaimana cara mencegah sakit tenggorokan yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Radang Tenggorokan | akbar | 4.5
cara mengatasi susah tidur akibat demam