Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kedutan

Mata kedutan menurut orang tua dulu itu ada artinya. Ada mitos tentang mata kedutan yang mengatakan bahwa jika mata kiri kedutan, itu artinya anda akan menangis. Sementara bila kedutan di mata kanan maka artinya ada seseorang yang merindukan anda. Benarkah demikian?

Hampir semua orang pernah merasakan mata kedutan. Mata kedutan sendiri adalah gerakan berulang kelopak mata bagian atas yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba. Gerakan ini terjadi setidaknya beberapa detik sekali dan berlangsung selama kurang lebih 1-2 menit.

Sebenarnya kedutan tidak terasa menyakitkan dan bisa hilang dengan sendirinya. Selain itu mata kedutan juga tidak digolongkan sebagai penyakit yang serius. Akan tetapi mata kedutan seringkali dirasakan sangat mengganggu dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi yang terlalu sering mengalaminya. Masalah yang lebih parah muncul, jika seseorang mengalami kedutan hingga pelemahan fungsi penglihatan.

Penyebab Mata Kedutan

Hingga saat ini belum diketemukan apa penyebab mata kedutan yang pasti. Namun demikian ada anggapan bahwa mata yang sering berkedut terjadi karena oleh beberapa faktor, yaitu diantaranya adalah pengaruh kafein, alkohol hingga rokok, lalu mata lelah karena terlalu sering menatap layar komputer dan gadget, kejang otot mata, kurang tidur dan kelelahan, alergi, stres hingga asupan nutrisi yang tidak seimbang.

Mata kedutan sebenarnya tidak digolongkan sebagai penyakit yang serius, namun adalah tanda dari beberapa penyakit tertentu. Karena saat mata kedutan tidak terasa sakit, sehingga banyak penderitanya tidak menyadari tanda-tanda ini dan membiarkannya karena bisa sembuh dan berhenti dengan sendirinya. Beberapa penyakit yang ditandai dengan mata kedutan adalah Dystonia, Tourette Syndrome, Multiple Sclerosis dan Bell’s Palsy.

Cara Mengatasi Mata Kedutan

Meski terjadi hanya dalam waktu yang singkat, namun seringkali meta kedutan terasa sangat mengganggu. Karena itu untuk mengatasi gejala mata kedutan, bisa dilakukan dengan beberapa cara yang disesuaikan dengan penyebab penyakit tersebut.

Cara merawat mata berkedut secara sederhana bisa dilakukan dengan mengistirahatkan mata selama beberapa waktu. Biasanya, hal ini dikarenakan stres yang menyerang seseorang. Karena itu, bila anda mengalami mata berkedut, maka sebaiknya beristirahat serta mengonsumsi makanan sehat untuk menurunkan tingkat stres.

Bila penyebab mata berkedut adalah dikarenakan mata kering, maka untuk cara mengatasi mata kering tersebut bisa dilakukan dengan cara memeberikan obat tetes mata.

loading...
Loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Kedutan | akbar | 4.5