Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Bibir Kering Saat Puasa

Selama bulan suci Ramadhan, maka pada siang hari tubuh tidak akan mendapatkan sedikitpun asupan cairan. Tubuh hanya bisa mendapatkan asupan cairan saat malam hari, atau tepatnya setelah berbuka hingga waktu imsakiyah tiba. Karena itu, bila tidak waspada maka resiko terkena dehidrasi mungkin saja terjadi yang pada akhirnya bisa menyebabkan bibir kering.

Masalah bibir kering tidak akan terjadi pada orang yang berpuasa bila ia mampu mencukupi kebutuhan akan asupan cairan tubuhnya. Fenomena dehidrasi lebih banyak dialami oleh orang dewasa, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah yang beriklim panas.

Sementara itu, penyebab seseorang mengalami bibir kering selama puasa, yaitu bila tidak ada penyakit tertentu, artinya kita kurang minum air putih.

Wajar bila terjadi masalah bibir kering saat berpuasa. Adapun cara untuk mengatasi bibir kering saat puasa adalah dengan memenuhi asupan cairan tubuh. Dalam sehari, tubuh memerlukan asupan cairan sebanyak 2000 ml dan kita harus pintar menyiasati.

loading...

Karena siang hari kita tidak bisa mendapatkan asupan cairan, maka malam harilah waktu dimana kita bisa mencukupinya. Karena itu kita harus pintar-pintar mengatur konsumsi cairan. Misalnya dengan minum banyak air putih setelah buka puasa, setelah shalat tarawih dan sebelum serta setelah makan sahur.

loading...
Loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Bibir Kering Saat Puasa | akbar | 4.5