Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Mobil Kemasukan Air

Meski sudah ditutup rapat, namun terkadang lampu utama mobil atau headlamp tetap bisa kemasukan air. Bila hal itu terjadi, maka akan bisa mengganggu kerja lampu yang akibatnya adalah pada keselamatan berkendara.

Penyebab Lampu Mobil Kemasukan Air

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan air bisa masuk ke casing headlamp. Air di headlamp itu sendiri ada dua macam. Yang pertama hanya berembun dan yang kedua adalah air benar-benar masuk ke dalam bahkan sampai menggenang di dalam lampu.

Untuk pengembunan yang terjadi biasanya adalah karena adanya perbedaan suhu antara bagian dalam dengan luar casing lampu. Sementara air yang sampai menggenang pada umumnya terjadi akibat dari cara pemasangan lampu yang kurang tepat.

Cara Mengatasi Lampu Mobil Kemasukan Air

Lampu mobil yang mengembun biasanya terjadi setelah mencuci mobil dan kemudian lampu terus dinyalakan selama 4-5 menit, maka langsung kelihatan (embun). Hal ini terjadi karena suhunya berbeda drastis. Di luar lampu dingin, sementara di dalamnya panas dari bohlam.

Untuk kasus air menggenang di lampu, hal ini biasanya karena terjadi kesalahan pada saat membongkar lampu. Karet seal antara mika dan casing tidak terpasang rapat, makanya ada selah untuk air masuk.

Pada kasus air masuk biasanya ada yang tidak beres dengan komponen casing. Untuk mengatasinya bisa dengan mengganti karet seal antara mika dan casing dan memasangnya dengan rapat.

Sementara untuk masalah lampu yang berembun bisa cek lubang pernapasan (ventilasi) pada rumah lampu. Kalau saringannya kotor, cabut lalu bersihkan baru kemudian pasang kembali. Kalau sampai menggenang, bongkar lampu keluarkan airnya dan jangan lupa bersihkan mikanya, dan pasang sesuai kondisi awal.

loading...
About these ads

Loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Mobil Kemasukan Air | akbar | 4.5
cara mengatasi lampu mobil berembun, Cara membersihkan mika lampu kemasukan air, cara menghilangkan air di lampu mobil, cara menghilangkan embun di lampu mobil, head lamp masuk air, kaca motor berair, lampu mobil mengembun, penyebab lampu depan mobil berembun