Penyebab dan Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Halaman: 1 2

Bau mulut adalah salah satu masalah yang sering kita hadapi selama berpuasa di bulan Ramadhan. Saat bau mulut datang, maka rasa percaya diri pun akan menurun, terlebih bila kita harus berkomunikasi dengan seseorang dalam jarak dekat. Terus menutup mulut dengan tangan saat berbicara dengan seseorang tentu akan dianggap kurang sopan.

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Saat berpuasa, maka artinya tidak akan ada makanan atau minuman yang masuk ke dalam sistem pencernaan kita. Karena itulah maka saat berpuasa produksi air liur akan berkurang. Berkurangnya air liur akan berdampak pada meningkatnya jumlah koloni bakteri di dalam mulut. Adanya produksi gas sulfur dari produk bakteri akan menimbulkan bau mulut.

Selain karena berkurangnya air liur, bau mulut selama berpuasa juga akan diperparah dengan adanya gigi berlubang yang tidak terjaga kebersihannya. Terlebih bila ada infeksi pada gusi dan karang gigi.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Meski orang yang berpuasa rentan mengalami bau mulut, namun jangan khawatir, karena ada beberapa tips cara mencegah bau mulut saat puasa yang bisa anda terapkan nantinya. Berikut beberapa diantaranya:

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih bisa membantu membersihkan area rongga mulut. Selain itu air putih juga bisa meningkatkan produksi saliva (air liur) sebagai penetralisir bau mulut.

Karena selama puasa hanya bisa makan dan minum di malam hari, maka anda bisa memperbanyak minum air putih pada saat itu. Minumlah minimal 10 gelas air putih setelah buka puasa hingga menjelang sahur.

loading...
Loading...
Penyebab dan Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan | akbar | 4.5