Penyebab Asam Lambung Naik Saat Puasa

Naiknya asam lambung sangat rentan terjadi saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hal ini biasa terjadi karena beberapa kebiasaan saat puasa, yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Salah satu faktor pemicu naiknya asam lambung adalah karena kebiasaan tidur setel maka sahur. Penting untuk diketahui bahwa pada saat lambung terisi penuh, maka hal itu memudahkan sekali naik ke esofagus atau kerongkongan.

Posisi berbaring saat tidur itulah yang bisa menyebabkan isi lambung, termasuk asam lambung, berbalik arah ke kerongkongan. Akibat dari naiknya asam ini dapat menyebabkan dada terasa panas atau seperti terbakar dan sesak.

Untuk menghindari hal itu maka sebaiknya jangan langsung berbaring setelah makan. Karena posisi tidur atau berbaring dapat membuka katub lambung yang memudahkan naiknya asam lambung.

Kalaupun ingin berbaring atau tidur, maka untuk mencegah naiknya asam lambung maka pastikan posisi berbaring harus lebih tinggi dari lambung.

Naiknya asam lambung sering kali kambuh akibat terlalu banyak makan sebelum tidur malam. Waktu makan idealnya adalah dilakukan 2-3 jam sebelum tidur. Dengan demikian maka akan memberi waktu pada sistem pencernaan untuk mencerna makanan.

Selain karena kebiasaan tidur setelah makan sahur, penyebab asam lambung naik saat puasa juga bisa dikarenakan oleh jenis asupakan makanan saat sahur maupun berbuka puasa. Karena itu untuk mencegah naiknya asam lambung, maka hindari makan berlebihan secara sekaligus saat berbuka puasa, hindari makanan berlemak tinggi, dan kopi karena bisa merangsang asam lebih banyak lagi.

loading...
Loading...
Penyebab Asam Lambung Naik Saat Puasa | akbar | 4.5