Penyebab Anak Suka Berbohong

Anda sebagai orang tua tidak boleh langsung men-cap bahwa anda nakal saat ia mulai suka berbohong. Bisa jadi anak menjadi suka berbohong karena alasan tertentu. Karenanya, anda perlu tahu apa alasan anak anda suka berbohong.

Anak-anak cenderung mulai berbohong di usia muda, terutama karena mereka memiliki imajinasi yang aktif dan sering tenggelam dalam fantasi sendiri. Sementara beberapa alasan lain yang menyebabkan mengapa anak berbohong diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama

Anak mungkin tidak tahu perbedaan antara mengatakan kebenaran dan berbohong. Hal ini tidak berbahaya, tapi anda sebagai orangtua tetap harus memonitor terutama menjelang usia masuk sekolah.

Kedua

Setelah anak duduk di bangku sekolah, ia terpapar lingkungan baru dan bertemu dengan banyak teman baru. Anak-anak berbohong untuk menyembunyikan hal-hal yang mereka pikir salah. Si kecil melakukannya karena mereka takut konsekuensi saat ketahuan bersalah.

Ketiga

Perilaku berbohong juga sering dikaitkan dalam rangka mencari perhatian di antara anak-anak yang merasa diabaikan. Memberikan perhatian, kasih sayang, dan mengatakan bahwa Anda memercayai mereka akan membantu si kecil menyingkirkan kebiasaan ini.

Keempat

Berbohong juga bisa jadi disebabkan karena si kecil merasa rendah diri dan tidak aman dengan lingkungannya.

Itulah beberapa alasan kenapa anak mulai suka berbohong sebagaimana yang diktuip dari laman Timesofindia.

Jadi, sebagai orang tua, anda tidak boleh langsung men-cap anak anda sebagai anak yang nakal dan lalu menghukumnya karena ia telah berbohong. Mencari tahu alasan dan penyebab serta mengajarkan anak agar ia tidak berbohong itu jauh lebih baik dari pada anda langsung menghukumnya.

loading...
Loading...
Penyebab Anak Suka Berbohong | akbar | 4.5