Penentu Kelancaran Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Kuliah

Mencari data dan mewawancarai sumber di tempat penelitian seringkali menjadi hambatan dan kendala bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir (TA). Namun demikian, ada juga mahasiswa yang memiliki pendapat bahwa penentu kelancaran TA mereka justru berada di kampus.

Salah satu penetu cepat tidaknya TA dapat terselesaikan adalah peran dosen pembimbing. Tidak jarang, karena kesibukan akademis para dosen, para dosen pembimbing sulit dicari mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan TA untuk menjalani bimbingan.

Bisa jadi, ada mahasiswa dipersulit dosen untuk buat janji bimbingan dengan berbagai alasan. Namun ada juga dosen yang memilih untuk tidak melakukan banyak bimbingan dan langsung menguji sidang saja.

Namun cara terbaik untuk terhindar dari kejadian seperti itu adalah dengan aktif berkomunikasi dengan dosen. Dengan begitu, baik mahasiswa dan dosen pembimbing akan terus terhubung guna menyelesaikan tugas akhir tersebut secepat mungkin.

Intinya adalah rajin-rajin mengontak dosen untuk buat janji bimbingan dan memastikan dia datang di jadwal yang sudah disepakati. Kita juga harus aktif mengejar dosen, karena kan kita yang butuh mereka.(Okezone)

loading...
Loading...
Penentu Kelancaran Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Kuliah | akbar | 4.5